Pelantikan PPK/PPS se Labuhanbatu

* Penyelenggaraan Pemilu, Penjaga Daerah Tetap Kondusif

PPK, PPS dan KPPS, mempunyai peran penting dalam pelaksanaan semua tahapan penyelenggaraan pemilu dalam rangka mengawal terwujudnya pemilu yang langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil.

Itu, sebagaimana diatur dalam UU No 22 Tahun 2007. sehingga,  menjadi penyelenggara pemilihan umum yang bersifat Ad Hoc. Selain itu, sebagai perpanjangan tangan KPU kabupaten dalam menyelenggarakan pemilihan umum (Pemilu).

“Suksesnya penyelenggaraan pemilihan umum ini berada di tangan PPK, PPS dan KPPS,” demikian Bupati Labuhanbatu HT Milwan dalam arahannya disampaikan Kadis Infokom Syahruddin Arif pada acara pelantikan dan rapat kerja PPK dan PPS se-kabupaten Labuhanbatu, Senin (21/7) di Gedung Nasional Rantauprapat

Menurut Bupati, hal ini baru akan terwujud apabila para penyelenggara pemilihan umum memiliki integritas, profesional dan bertanggungjawab.

Oleh karena itu, momentum rapat kerja dapat dijadikan sarana pembelajaran untuk memperkaya pengetahuan dan wawasan sebagai modal kesiapan dalam menyelenggarakan tahapan pemilu yang waktunya hanya tinggal hitungan bulan.

Bupati juga menegaskan, keberhasilan penyelenggara dalam melaksanakan seluruh tahapan adalah merupakan suatu bentuk kontribusi penyelenggara itu dalam menjaga daerah ini agar tetap dalam keadaan kondusif. Untuk itu, Bupati mengingatkan agar penyelenggara pemilu harus dapat bekerjasama dengan aparat pemerintah di kecamatan dan desa, serta seluruh komponen masyarakat lainnya.

Sebelumnya, Sekretaris KPUD Labuhanbatu selaku Ketua Panitia/Pokja Negawardi dalam laporannya mengatakan, pelantikan dan rapat kerja PPK/PPS dilaksanakan dalam dua tahap. Tahap pertama Senin (21/7) pesertanya adalah PPK dan PPS dari 10 kecamatan, sedangkan Selasa (22/7) PPK dan PPS dari 12 kecamatan lainnya. Peserta pelantikan seluruhnya adalah 836 orang, dengan perincian PPK berjumlah 110 orang dan PPS 726 orang.

Sementara Ketua KPUD Labuhanbatu Suhari Pane, mengajak kepada seluruh PPK dan PPS untuk segera melakukan konsolidasi internal dengan melakukan pemilihan ketua PPK/PPS yang memiliki integritas, dan PPK segera berkoordinasi dengan Camat dalam menetapkan Sekretaris PPK.

Kemudian, Suhari juga menghimbau agar PPK dan PPS segera bergerak cepat mengingat pelaksanaan tahapan-tahapan penyelenggaraan pemilihan umum tinggal beberapa bulan lagi.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: