DPRD Segera Gulirkan Hak Angket

Keinginan DPRD menggunakan hak angket untuk menyelidiki pencopotan sejumlah kepala sekolah yang dianggap tidak sesuai prosedur terus bergulir.

Sedikitnya tiga fraksi di DPRD Labuhanbatu menyatakan siap mendukung penggunaan hak Dewan itu.Penggunaanhakangketitubisamenyelidiki proses pencopotan kepala sekolah. DPRD menduga Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Labuhanbatu diduga menyalahi prosedur yang ada.’’Saya siap dan seluruh anggota Dewan juga siap untuk menggunakan hak angket.

Kami prihatin atas apa yang dialami kepala sekolah,” papar anggota Fraksi Partai Demokrat DPRD Labuhanbatu Chairuddin kemarin. Senada,Ketua Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (FPPP) DPRD Labuhanbatu Irwansyah Ritonga juga menyatakan siap mendukung penggunaan hak angket.Apalagi, sebelumnya fraksi mereka sudah pernah menyampaikan persoalan itu pada paripurna beberapa waktu lalu.

’’Kami sangat mendukung penggunaan hak angket itu. Kami pun prihatin dengan nasib kepala sekolah yang dicopot. Sebelumnya, saya sudah pernah menyampaikan hal itu kepada Bupati dalam rapat paripurna,”paparnya. Selain Fraksi Partai Demokrat dan PPP,Fraksi Bintang Kemerdekaan Sejahtera (FBKS) juga mempunyai komitmen yang sama. Anggota FBKS Sarifuddin Tanjung dari unsur Partai Bulan Bintang dan Jahotman Sinaga dari unsur Partai Damai Sejahtera (PDS) mengamini rekan sebelumnya.

Mereka sepakat penggunaan hak angket demi kebaikan Labuhanbatu juga. ’’Kalau untuk kebaikan Labuhanbatu,kami siap mendukungnya, tapi bukan untuk menjatuhkan seseorang,” ujarnya. Sementara itu, Kacabdis Pendidikan Kecamatan Rantau Utara Rosul Dongoran menyatakan, mutasi dan pengangkatan kepala sekolah di era otonomi merupakan hak dan wewenang pemimpin daerah.

’’Kalau memang pemimpin merasa kita sudah tidak cakap, wewenangnya untuk memutasi,”ujarnya. Dia menambahkan,mutasi dan pengangkatan itu dapat dilakukan sekalipun tanpa melalui proses.Rosul mengingatkan kepada kepala sekolah lainnya untuk segera bersiap-siap. ’’Sekalipun tanpa mutasi dan pengangkatan dapat dilakukan. Itu wewenang pemimpin.

Untuk itu, kepala sekolah lainnya bersiapsiaplah,” ujarnya. Terpisah, serah-terima jabatan (sertijab) tujuh Kepala SDN di Kecamatan Rantau Utara yang dilakukan serentak di aula SDN 112135 asrama Kodim 0209/LB penuh kesedihan. Delima Simanjuntak, mantan Kepala SDN 112144 Aek Matio Rantau Utara, saat serah terima dengan penggantinya tak kuasa menahan tangis. (sartana nasution)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: