MPR RI Gelar Sosialisasi Putusan MPR

Peranan dan fungsi MPR RI dewasa ini berada pada posisi yang sangat strategis dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Itu, ditandai dengan adanya Amandemen pertama sampai dengan keempat perubahan Undang-Undang Dasar (UUD) 1945. Hal ini membawa implikasi terhadap kedudukan, tugas, dan wewenang MPR.

Sosialisasi Putusan MPR RI

Sosialisasi Putusan MPR RI

Demikian Wakil Bupati Labuhanbatu H Sudarwanto dalam sambutannya pada acara Sosialisasi Putusan MPR RI yang dilaksanakan bersama Pemkab Labuhanbatu dan Pemkab Padang Lawas Utara (Paluta), Jum’at (25/7) di ruang Data dan Karya setdakab Labuhanbatu.

Lebih lanjut Sudarwanto mengatakan, perubahan lain dalam amandemen yang cukup mendasar berkaitan dengan pemilihan umum, yaitu peranan dan fungsi MPR, DPR, DPD dalam berpartai politik dewasa ini sedang berada pada posisi yang sangat strategis dalam berkehidupan berbangsa dan bernegara, ditandai dengan pesarnya peranan kekuatan politik dalam berbagai aspek kehidupan pemerintahan dan kemasyarakatan.

Selain itu, berkaitan dengan Pemerintahan pelaksana Negara, Pemerintahan Daerah, tentang keuangaan, Bapan Pemeriksa Keuangan dan hal yang berkaitan dengan tugas dan fungsi kekuasaan Kehakiman.

Dari kondisi itu, diharapkan kepada seluruh masyarakat dan partai politik mampu memainkan peran dan partisipasinya dalam pembangunan berbangsa dan bernegara. Melalui acara sosialisasi ini, masyarakat akan mendapatkan informasi pembelajaran dalam rangka meningkatkan kesadaran masyarakat tentang kehidupan berbangsa dan bernegara, kata Sudarwanto.

Sementara itu Rambe Kamarul Zaman selaku Ketua Rombongan Tim Kerja Sosialisasi Putusan MPR RI mengatakan bahwa kedatangan anggota MPR RI ke Labuhanbatu untuk mengadakan sosialisasi UUD 1945 dan perubahannya serta keputusan-keputusan MPR. “Sosialisasi dilaksanakan melalui dialog, sehingga para peserta dapat mengenal dan memahami tentang keputusan-keputusan MPR termasuk UUD 1945 dan perubahannya,” katanya.

Adapun anggota MPR yang ikut dalam kegiatan sosialisasi tersebut terdiri atas Rambe Kamarul Zaman, MSc (F-PG), Zaenal Arifin (F-PDIP), Taufiqurrahman Saleh, SH, M Si (F-KB), Dr Irwan Prayitno (F-PKS), Hj Mahsusoh Ujiati (F-PPP) dan Ir Sayuti Asyathry (F-PAN).

Kegiatan Sosialisasi tersebut dilaksanakan bersama oleh Pemkab Labuhanbatu dan Pemkab Padang Lawas Utara (Paluta).

Dari daerah yang merupakan kabupaten hasil pemekaran dari kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel), tampak kehadiran Sekdakab Paluta Drs Panusunan Siregar dan Pejabat Teras Pemkab Paluta.
Sosialisasi ini berlangsung selama 2 (dua) hari, (25-26/7) dengan peserta berjumlah 314 orang yang terdiri dari eksekutif, legislatif, yudikatif, pendidik, organisasi masyarakat, Parpol, LSM dan tokoh-tokoh masyarakat yang berasal dari Kabupaten Labuhanbatu dan Kabupaten Padang Lawas Utara.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: