Hari Lingkungan Hidup se Dunia di Labuhanbatu Perubahan Iklim bukan Cerita Fiksi

Perubahan iklim bukan cerita fiksi, melainkan hal yang nyata dan rill terjadi. Buktinya bencana-demi bencana telah terjadi di seluruh dunia.
Hal itu disebutkan Wakil Bupati Labuhanbatu H Sudarwanto S SP dalam acara peringatan hari Lingkungan Hidup se-Dunia tingkat Labuhanbatu, Senin (21/7), di lapangan IPAL PT Tolan Tiga Indonesia, Desa Perkebunan Parlabian, Kecamatan Kampung Rakyat.
Menurut Sudarwanto, kerusakan lingkungan membuat terjadinya perubahan musim, banjir dan longsor. Dampak ini akan menyebabkan terjadinya krisis kesediaan makanan, akibat gagal panen dan krisis air bersih, meluasnya penyakit tropis serta kehilangan jutaan spesies flora dan fauna.
“Karena itu saatnya kita bertindak nyata, dengan komitmen dan tekad untuk menyelamatkan anak dan cucu kita demi generasi mendatang. Mari kita selamatkan hutan dan lahan, mari kita upayakan menunda pemanasan global dengan penghematan energi, ” ajak suami Hj Sabariah itu.
Kepada para pemimpin perusahaan, Sudarwanto meminta agar pengusaha memperhatikan warga yang bermukim di sekitar perusahaan. Sisihkan sebagian keuntungan untuk meningkatkan taraf hidup dan kesejahteran warga.
“Kalau yang kaya tak membantu yang miskin, yang kuat tak membantu yang lemah, yang pintar tak membantu yang bodoh dan yang sehat tak membantu yang sakit, maka kita belum peduli lingkungan,” tegas Sudarwanto.
Masyarakat diminta agar turut menjaga kegiatan usaha yang ada di Labuhanbatu. “Semua perusahaan itu merupakan aset kita bersama,” kata Sudarwanto.
Kepala Badan Pengendalian Dampak Lingkungan Labuhanbatu H Hasban Ritonga SH selaku ketua panitia melaporkan, sebelum puncak acara peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia telah dilakukan aneka kegiatan seperti, gotong royong, pelaksanaan penghijauan, di sekolah, lingkungan warga, dan tempat umum.
Peringatan Lingkungan Hidup se Dunia ini ditandai dengan penanaman pohon mangga yang dilakukan Wakil Bupati, Dandim Letkol Azhar Muliyadi, Kajari Rantauprapat M Ali Nafiah Pohan SH dan Ketua Pengadilan Negeri Moestofa SH MH. Kemudian sejumlah perusahaan menyerahkan berbagai bantuan kepada warga seperti, beasiswa, alat – alat olah raga, mesin genset dan kecambah kelapa sawit. (S18/x)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: