Danrem 022/PT Serahterimakan Jabatan Dandim 0209/LB

Komandan Korem 022/PT Kolonel Arm Agus Sularso memimpin upacara serahterima jabatan Komandan Kodim 0209/LB dari Letkol Inf Azhar Muliyadi kepada Letkol CZi Ferry Kistiana Arubinata mantan Dandim Nias, Selasa (29/7), di lapangan Ika Bina Rantauprapat.

Serahterima Jabatan Dandim 0209/LB

Serahterima Jabatan Dandim 0209/LB

Pergantian pejabat atau pimpinan di lingkungan TNI-AD merupakan tradisi, baik yang biasa disebut tour of area dan tour of duty yang berlangsung secara terus menerus bertujuan untuk perkembangan organisasi TNI AD maupun karier prajurit.

Sehingga, momentum seperti ini dapat diartikan sebagai satu bentuk pemberian variasi pengalaman dan berbagai macam penugasan. Untuk menciptakan kematangan jiwa dan kepemimpinan bagi seorang prajurit.

“Peristiwa penyerahan tugas wewenang dan tanggungjawab Komandan Kodim 0209/LB hal yang wajar menggairahkan kinerja satuan,” demikian Danrem 022/PT Kol Arm Agus Sularso, menyampaikan amanatnya pada upacara serah terima jabatan Dandim 0209/LB.

Terwujudnya kondisi stabilitas keamanan dan ketahanan wilayah yang sehat serta dinamis, katanya, menjadi tanggungjawab bersama segenap aparatur pemerintah daerah serta seluruh komponen bangsa.

Secara khusus, Kodim 0209/LB dan jajarannya memiliki kewajiban untuk melaksanakan pemberdayaan wilayah pertahanan di darat. Agar, segenap upaya untuk menciptakan stabilitas dan ketahanan wilayah dapat terlaksana lebih baik.

Kondisi stabilitas yang demikian dapat terjaga apabila masyarakat memahami benar akan kewajiban dan tanggungjawabnya sebagai warga sesuai dengan amanat UUD 1945.

Menurutnya, wilayah Kodim 0209/LB secara umum sangat kondusif, belum ditemukan indikasi adanya ancaman yang serius. Namun perlu diwaspadai kemungkinan terjadinya bencana alam banjir dan tanah longsor, menghadapi perubahan iklim serta kemungkinan adanya eksploitasi hutan menjadi lahan perkebunan oleh pihak yang tidak bertanggungjawab.

“Apabila tidak diantisipasi secara dini dan ditangani secara cepat dan tepat akan dapat mengganggu stabilitas keamanan di wilayah ini,” tegasnya.

Dia menekankan seluruh prajurit jajaran Kodim 0209/LB terus meningkatkan kewaspadaan dan kepekaan, melakukan koordinasi dan komunikasi dengan seluruh elemen masyarakat. Sehingga, setiap permasalahan yang timbul dapat segera diselesaikan.

Danrem, di akhir amanatnya mengucapkan terimakasih dan penghargaan kepada Letkol Inf Azhar Muliyadi atas pengabdiannya selama menjabat Dandim 0209/LB yang selanjutnya diberikan kepercayaan oleh pimpinan TNI AD, menjabat Wakil Asisten Teritorial Kasdam I/BB. “Terimakasih juga disampaikannya kepada Ny Azhar Muliyadi atas pengabdiannya membina Persit KCK,” ucapnya.

Danrem menyampaikan selamat datang dan selamat bertugas kepada Letkol CZi Ferry KA yang mendapat kepercayaan menjabat Dandim 0209/LB. Dia yakin Dandim mampu memimpin dan meningkatkan prestasi pegabdian prajurit, beradaptasi pada lingkungan, memahami kondisi sosial budaya masyarakat sebagai bekal menjalankan tugas memantapkan kemanunggalan TNI, Polri dan rakyat dengan utuh sehingga tiga pilar itu mampu menjaga bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Danrem juga berterimakasih kepada pejabat Pemda, tokoh masyarakat, pemuka agama, tokoh pemuda dan alim ulama serta warga masyarakat dan mengharapkan hubungan baik yang selama ini dapat dipelihara dan diringkatkan di masa mendatang.

Setijab itu dihadiri Bupati HT Milwan, Wakil Bupati H Sudarwanto, Kajari Rantauprapat M Ali Nafiah Pohan, Kapolres Labuhanbatu AKBP Drs Toga H Panjaitan, Ketua PN Rantauprapat Moestofa, para pejabat Korem 022/PT, Dandim 0203/Lkt Letkol Inf Dimyati, Dandim 0204/DS Letkol Bayu, Dandim 0207/SM Letkol Rahman Made dan Dandim 0208/AS Letkol Roosdi, para Danramil, para pimpinan OKP, serta para undangan.

Seusai upacara serah terima jabatan itu, seluruh pejabat Kodim, Polri, muspida serta undangan berangkat ke Makodim 0209/LB di Jl Pramuka untuk mengikuti syukuran lepas sambut jabatan Dandim dan makan siang.

“Rasanya berat meninggalkan kota ini karena sudah 2 tahun 7 bulan lamanya saya di sini tetapi karena waktu dan saya dipercaya menjadi Waaster saya harus meninggalkan kota ini,” ungkap Azhar Muliyadi mengharapkan Dandim baru lebih baik lagi.

Dandim 0209/LB Ferry K Arubinata dalam sambutannya memohon maaf bila tidak bisa sebaik Azhar Muliyadi. Sesepuh TNI AD yang juga mantan Dandim 0209/LB, Letkol (purn) H Bahari Hasibuan menyampaikan terimakasih kepada Azhar Muliyadi yang telah mengabdi selama 2 tahun 9 bulan di Labuhnabatu serta selamat datang bagi Dandim baru. Hal senada disampaikan Ketua DPRD diwakili Wakil Ketua dr H Rizal Sani.

Bupati HT Milwan mengatakan Pemda mengharapkan kerjasama dengan Kodim 0209/LB membangun dan menciptakan rasa aman dan kondusif di Labuhanbatu. Bupati dan muspida plus memberikan kain songket kepada Dandim baru serta bingkisan kepada Dandim lama. Dandim lama Azhar Muliyadi juga memberikan kenang-kenangan kepada muspida, beasiswa kepada para pelajar berprestasi dan hadiah lomba karya tulis.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: