Kasek SDN Tolak Sertijab

Hj Farida Hanum, yang dicopot mendadak dari jabatannya sebagai Kepala Sekolah (Kasek) SDN 117841 Simpang Jengkol Kecamatan Bilah Hilir, Labuhanbatu, menolak menyerahkan jabatannya kepada penggantinya, Umi Kalsum.

Informasi yang dihimpun, Senin (28/7) menyebutkan, penolakan itu didukung sejumlah guru dengan melakukan aksi penghadangan saat Kacabdis Pendidikan Kecamatan Bilah Hilir, Ilham, beserta rombongan hendak menghadiri acara serah-terima jabatan di sekolah tersebut. Perlawanan tersebut berakhir damai setelah rombongan, termasuk calok Kasek yang baru pergi meninggalkan sekolah tersebut.
Farida Hanum yang dihubung wartawan via selular men jelaskan, keributan berawal dari pencopotan dirinya sebagai Kepala SDN 117841.

Padahal, pihak Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Medan yang menangani kasus itu belum mengeluarkan putusan. Sehingga ia belum bersedia menyerahkan jabatan tersebut.
“Setelah ada hasilnya, baru saya bersedia menyerahkan jabatan kasek itu. Kita tunggu saja keputusan PTUN. Kalau itu sudah keluar, baru saya rela menyerahkan jabatan Kepala SDN 117841,” tegasnya.
Hanya saja, ketegangan yang sempat terjadi itu menuai kekecewaan sejumlah orang tua pelajar. Pasalnya, kejadian itu berlangsung saat jam pelajaran. “Kami sangat menyayangkan keributan ini. Kejadian ini sangat memalukan. Seharusnya, sebelum pergantian sudah dirembugkan lebih dulu. Secara fiskologis, kejadian ini jelas mempengaruhi penilaian anak didik terhadap kredibiltas para tenaga pengajar yang didepan para siswa bertengkar,” sesal seorang wali murid yang enggan menyebutkan namanya.
Seharusnya, kata wali murid tersebut, guru untuk ditiru dan digugu, bukan mempertontonkan pertengkaran hanya karena jabatan. “Guru sebagai sosok panutan untuk mencerdaskan anak bangsa. Guru adalah obor penerang demi kemajuan bangsa dan negara. Kalau begini kejadiannya, prestasi sekolah yang pernah membuat sejarah karena muridnya sempat mengikuti olimpiade tingkat nasional mewakili Labuhanbatu akan tercoreng,” ujarnya.

Mogok Belajar
Sementara itu, di SMA Negeri I Kampung Rakyat Kecamatan Kampung Rakyat, Labuhanbatu, tiga ratusan pelajar di sekolah tersebut melakukan aksi mogok belajar menuntut pencopotan Kepala sekolah (Kasek) Azry SPd. Aksi ini merupakan rangkaian dari unjukrasa pelajar sebelumnya yang merasa telah teraniaya oleh tindak-tanduk Kasek. Dalam aksinya, para pelajar memeriksa ruang guru dan kantor Kasek.

Namun, Kasek dan sejumlah guru yang dinilai berpihak kepadanya tidak berada di tempat, sehingga para pelajar bermaksud untuk menyandera guru. Beberapa anggota Komite Sekolah yang bermukim tidak jauh dari lokasi kejadian berupaya untuk membujuk para pelajar agar membatalkan aksinya.
Keributan bisa ditangani setelah Camat Kampung Rakyat, Sofian Hasibuan, dan Kacabdis Penididkan Kecamatan Kampung Rakyat, tiba di lokasi kejadian. “Anak-anak, kasus ini sudah ditangani pihak aparat hukum. Buktinya, tadi pagi pihak Kejaksaan Negeri cabang Kota Pinang sudah hadir untuk mengumpulkan bahan dan keterangan seputar kasus ini,” ucap Camat, lantas meminta para pelajar untuk bersabar menunggu proses penanganannya.
Wakil Bupati Labuhanbatu, H Sudarwanto, juga menyempatkan hadir ke sekolah itu dan menyarankan agar para murid tetap mengikuti proses belajar. Usai pertemuan, Sudarwanto menyatakan, kasus itu akan segera diselesaikan secara bijak.
Sekadar informasi, sepekan lalu para pelajar telah menggelar aksi unjukrasa menuntut pencopotan Kasek terkait dengan sejumlah kebijakannya yang sangat merugikan pihak dewan guru dan murid. Di antaranya pungli dan pemotongan uang dari pemerintah. Setelah diadakan pertemuan, Kasek berjanji akan mengembalikan uang dimaksud. Tidak hanya itu, Kasek juga bakal mewujudkan janjinya untuk membangun sekolah. Hal itu tertuang dalam berita acara pertemuan yang ditandatangani perwakilan murid dan komite sekolah, serta dibubuhi stempel sekolah.

MedanBisnis – Rantauprapat

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: