Pendidikan di Sibargot Terancam

Gara-gara Yayasan Perguruan Bakti Martabe (Yaperbam) tidak lagi menerima siswa baru di SMP Bakti Martabe Desa Sibargot Kecamatan Bilah Barat Labuhanbatu untuk tahun ajaran 2008-2009, puluhan tamatan Sekolah Dasar (SD) di desa tersebut terancam tidak bisa melanjutkan pendidikannya. Hal ini disebabkan, SMP swasta itu satu-satunya sekolah yang lokasinya berdekatan dengan pemukiman masyarakat.

Dua tokoh masyarakat desa setempat, Effendi Rambe BA dan Raja Lela Munthe kepada wartawan, Minggu (27/7) membenarkannya. “Sebanyak 89 siswa tamatan SD Inpres Desa Sibargot dan SD Ingub, terpaksa bersekolah di SMP yang berjauhan. Di antaranya, Pesantren Dolok Sigompulon Tapsel, Pesantren Dolok Sipiongot Padang Lawas Utara (Paluta), SMP Negeri Kuala Simpang Dolok Sigompulon Paluta dan sebagiannya ke Labuhanbatu. Ini akibat SMP Bakti Martabe tidak menerima siswa lagi,” sebut Effendi.
Pihaknya mengaku tidak mengetahui alasan SMP Bakti Martabe tidak lagi menerima siswa baru. Padahal, warga setempat sangat membutuhkannya. Effendi berharap agar Pemkab Labuhanbatu dan DPRD setempat mengambil kebijakan, sehingga puluhan anak usia sekolah di Desa Sibargot dapat melanjutkan pendidikannya.
“Kalau situasi itu dibiarkan, saya yakin warga Desa Sibargot akan terbelakang kehidupannya di masa mendatang akibat anak-anak tidak mengenyam pendidikan. Anak-anak akan terbelakang ilmunya kalau tidak ada sekolah SMP disini. Kasihan anak-anak yang gagal dalam pendidikannya. Kami sangat berharap agar Bupati Labuhanbatu dan anggota DPRD memperhatikan nasib anak-anak ini. Kalau ini dibiarkan mungkin ratusan orang yang tidak sekolah,” harapnya.

MedanBisnis – Rantauprapat

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: