Seputar Mutasi Ratusan Kasek yang Bermasalah

* PGRI Diminta Ikut Terlibat
Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Labuhan Batu, selayaknya ikut terlibat dalam upaya penyelesaian kasus mutasi ratusan kasek SD, SMP dan SMA yang terjadi di Labuhan Batu. Selain wadah guru, PGRI diyakini memiliki jalur tersendiri menyelesaikan persoalan itu.
Demikian diutarakan Indra Bustami, mantan Kasek SD Negeri Nomor 112150 Sigambal, Kecamatan Rantau Selatan, Kamis (7/8) di Rantau Prapat. “Kurang logis sebenarnya jika PGRI selaku wadah guru, sampai saat ini belum berbuat. Seharusnya, PGRI “menangis” melihat penderitaan ini. Kami sangat kecewa dengan sikap PGRI yang tidak open,” tegas Indra.
Walau belum menerima Surat Keputusan (SK) penempatan, Indar Bustami yang juga menjadi korban mutasi, mengaku banyak memiliki bukti kalau mutasi bagi jajaran kasek terindikasi suap. Sebab beberapa hari sebelum ia dimutasi, ia telah mendapat kabar dari salahseorang istri seorang oknum pejabat di Dinas Pendidikan. Istri oknum pejabat itu lalu meminta sejumlah uang untuk tetap mempertahankan jabatannya sebagai kasek.
Karena yang diminta terlalu besar, dan Indra Bustami juga tak ingin terjerumus dalam perbuatan suap menyuap, uang tak disediakannya. Namun alhasil, terpaksa ia harus menerima konsekwensi untuk menanggalkan jabatannya sebagai kasek. “Kami sudah jelas tertindas. Kalau tidak punya uang jangan harap bertahan lama. Saya pernah dimintai uang, tapi tak saya penuhi,” katanya.
Sementara ketua Persatuan Guru Swasta Indonesia (PGSI) Labuhan Batu Titin Prihatin, melalui sekretarisnya M Zein, kepada wartawan mengatakan, seharusnya PGRI tidak seperti itu. Selaku wadah para guru, PGRI harus rela berbuat dan bersikap terhadap permasalahan yang ada. “Selaku wadah guru swasta, kami ikut prihatin. Malah kami selalu ikut mendampingi ratusan guru yang tertindas itu. Karena PGSI, merasa sepenanggungan dengan para kasek,” paparnya.
Untuk mengingatkan, ratusan kasek dimutasi sepihak oleh Dinas Pendidikan. Selain diduga memiliki unsur suap, mutasi juga terindikasi pemalsuan Surat Keputusan (SK) mutasi. (FDH)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: