Jermal Pekerjakan Anak di Bawah Umur

Sedikitnya 17 jermal di kawasan lepas pantai Sumatera Utara, seperti di Batubara, Serdang Bedagai, Langkat dan Labuhanbatu, hingga saat ini masih mempekerjakan anak di bawah umur.

Temuan itu disampaikan Ketua Komite Aksi Propinsi (KAP) Penghapusan Bentuk-bentuk Pekerja Terburuk Bagi Anak (PBTPA) Sumut Drs H Rahudman Harahap MM, ketika memimpin rapat koordinasi tentang monitoring buruh anak di jermal kawasan pantai timur Sumut, Senin (11/8), di Kantor Gubsu.
Hadir dalam pertemuan itu, di antaranya perwakilan dari Dinas Sosial, Dinas Pendidikan, Dinas Perikanan dan Kelautan, Dinas Perindustrian, Dinas Tenaga Kerja, Dinas Pertanian, dan sejumlah LSM.
Menurut Rahudman Harahap, yang juga Asisten III Setdapropsu tersebut, berdasarkan data yang diterima KAP, ada 11 orang anak di bawah umur bekerja di jermal kawasan Batubara dan 3 anak Serdang Bedagai.
“Dalam kaitan ini, diskusi dalam penanganan buruh anak di jermal menjadi suatu yang sangat perlu untuk dilakukan secara bersama-sama antara pemerintah dan masyarakat. Untuk itu, maka perlu dilakukan monitoring dan pendataan situasi dan kondisi buruh anak di jermal di seluruh perairan lepas pantai di Sumut,” jelasnya.
Ketua Harian KAP PBPTA Ariffani SH menambahkan, monitoring tersebut bertujuan untuk menginventaris situasi dan kondisi masalah penanganan buruh anak di jermal. Merumuskan upaya penanganan buruh/pekerja anak di jermal dan buruh pekerja anak di sektor lain. Juga untuk merumuskan rencana monitoring dan pendataan buruh/pekerja anak di jermal.
“Kepada pengusaha yang terlibat kita akan proses sesuai hukum yang berlaku dengan melibatkan Disnaker dan instansi terkait lainnya. Sedangkan untuk anaknya, kita akan bekerja sama dengan BBLK di Binjai,” jelasnya.
Ditanya tentang asal pekerja anak di jermal, menurut Ariffani kebanyakan berasal dari daerah Simalungun, Deliserdang, Tebingtinggi dan Nias. Sebagian besar adalah motif ekonomi.

MedanBisnis – Medan

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: