Fraksi Semakin Mengerucut Golkan Hak Angket

DPRD Labuhanbatu tidak ingin main-main menuntaskan kasus pencopotan sejumlah kepala sekolah dasar (SD) yang dinilai kontroversial.

Fraksi-fraksi di Dewan kini semakin komit ingin membongkar tuntas kasus itu lewat jalur hak angket. Hal ini bisa terekam kuat dari pernyataan Syarifuddin Tanjung dan Puji Hartoyo (Fraksi Reformasi) serta Dahlan Bukhori (Fraksi PDIP). Puji Hartoyo yang berasal dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini menyatakan kesiapan pihaknya mengajukan hak angket kepada pemimpin Dewan.

’’Hak angket memang perlu, tetapi sebaiknya ada klarifikasi ke pemerintah kabupaten( pemkab) dahulusoal pemutasian kepala sekolah. Kalau memang harus ditindaklanjuti dengan penggunaan hak angket, saya siap mendukungnya,” ujarnya.Bahkan, dia tak segan-segan mengajak anggota sefraksinya memiliki kesamaan berpikir. Politikus lainnya, Dahlan Bukhori (F PDIP), menyatakan total mendukung penggunaan hak angket.

Hak ini nanti menjadi pembuka sekaligus membedah apa sebenarnya yang melatarbelakangi Dinas Pendidikan Labuhanbatu mencopot kepala sekolah yang selama ini justru dianggap berhasil. Dukungan senada juga dilontarkan anggota Fraksi Reformasi unsur Partai Bulan Bintang Syarifuddin Tanjung.

Dia menyatakan, tak ada alasan menghentikan kasus ini.Sebab,ini adalah ujian bagi para anggota Dewan, apakah bisa membantu rakyat terbelit masalah atau tidak. Penggunaan hak angket ini bisa menelusuri lebih jauh soal pemutasian dan pengangkatan kepala sekolah yang menuai masalah itu.Dia juga berharap kepala sekolah yang dicopot bisa memberikan data lebih lengkap lagi.

’’Buat laporan tertulis penempatan jabatan yang terindikasi uang (sogok).Tidak tertutup kemungkinan yang selama ini indikasi suap untuk menempati jabatan adalah benar,”tuturnya. Sementara itu, Sekretaris DPC Partai Bulan Bintang Labuhanbatu Jappar Siddik menyatakan telah memerintahkan dua anggota Dewan asal partai ini untuk menggolkan hak angket. Bukan itu saja, dua kader PBB itu juga harus total menggalang dukungan dari anggota DPRD lain.

’’Tidak ada alasan lagi bagi DPRD untuk tidak menggunakan hak angket ,”ujarnya. Dia mengingatkan, apabila kedua anggota DPRD yang berasal dari Partai Bulan Bintang tidak mau menggunakan hak angket dalam persoalan ini, partainya akan memberi sanksi tegas. (sartana nasution)

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: