Hak Angket Mutasi Kasek Tarik Ulur

Penggunaan hak angket DPRD Labuhan Batu, untuk menyelidiki penyimpangan dalam proses mutasi ratusan kepala sekolah (kasek) masih belum bulat. Sebahagian dewan mengatakan belum saatnya menggunakannya, tapi tak sedikit pula justru mendesak percepatan hak angket untuk dilakukan. 

Jahotman Sinaga, adalah salahseorang anggota dewan yang tak setuju hak angket dilakukan terburu-buru. Karena anggota Fraksi Bintang Kemerdekaan Sejahtera ini menilai, persoalan proses mutasi kasek masih dibahas oleh Komisi A. Oleh karena itu, Jahotman lebih setuju persoalan itu diselesaikan terlebih dahulu oleh Komisi A.
“Saat ini masalah itukan masih ditangani oleh Komisi A. Jadi mengapa harus menggunakan hak angket,” katanya. Namun politikus dari Partai Damai Sejahtera (PDS) ini menegaskan, hak angket bisa dilakukan apabila Komisi A tak mampu lagi untuk menyelesaikan persoalan itu. “Belum saatnya hak angket dilakukan. Itukan masih tugasnya Komisi A. Lain halnya kalau Komisi A menemukan jalan buntu. Baru kemudian bisa direkomendasikan ke pimpinan dewan untuk segera di Paripurnakan. Saat itulah akan dilakukan penggalangan penggunaan hak angket,” tandasnya.
Sementara beberapa anggota dari fraksi lain di DPRD Labuhan Batu, mengaku sudah sangat setuju hak angket dilakukan. Bahkan fraksi-fraksi tersebut sudah mulai melakukan lobi politik untuk menggolkan penggunaan hak angket tersebut. Puji Hartoyo, dari Fraksi Reformasi, bahkan menyatakan kesiapannya melakukan lobi ke fraksinya.
“Hak angket memang perlu. Tapi, sebaiknya pemkab segera mengklarisifikasi dahulu soal pemutasian guru itu. Kalau memang harus ditindaklanjuti dengan penggunaan hak angket, saya siap mendukungnya,” ujar Puji. Untuk merealisasikannya, kader PKS itu berharap, seluruh anggota Fraksi Reformasi memiliki satu pemikiran untuk mendukung rencana tersebut, agar dapat diketahui secara jelas tentang pemutasian ratusan kepala sekolah yang dilakukan beberapa waktu lalu.
Selain Puji, anggota dewan lainnya yang menyatakan kesiapan untuk penggunaan hak angket tersebut, termasuk Syarifuddin Tanjung, dari Fraksi Bintang Kemerdekaan Sejahtera. Serta Dahlan Bukhori, salahseorang anggota dari Fraksi PDI Perjuangan. Tak menolak setuju agar hak angket dilakukan, juga disuarakan oleh Dahlan Bukhori, dan Syarifuddin Tanjung, anggota DPRD dari Partai Bulan Bintang.
Malah, Syarifuddin mengaku pernah mendengar cerita miring seputar mutasi kasek itu. Tak heran, dirinya sangat berharap agar hak angket segera dilakukan demi menguak kebenaran yang sesungguhnya ada di balik proses mutasi ratusan kasek itu.
Sementara itu Ketua Partai Bulan Bintang Labuhan Batu, Jappar Siddik, menyatakan kesiapannya untuk memerintahkan dua anggota dewan yang berasal dari partainya, untuk memastikan menggalang kekuatan penggunaan hak angket terkait pencopotan sejumlah kepala sekolah dasar.
“Karena tidak ada alasan lagi bagi DPRD untuk tidak menggunakan hak angket. Melihat tidak adanya tanggungjawab pemkab menangani masalah itu, baik secara administrasi maupun secara hukum,” ujar Jappar seraya mengatakan kalau dirinya tak segan-segan memberi sanksi adminitrasi kepada dewan dari partainya yang tak mendukung dilakukannya hak angket itu.
Sekedar mengingatkan, ratusan guru se Labuhan Batu, merasa dizolimi atas pemutasian yang dilakukan Dinas Pendidikan beberapa waktu lalu. Para kasek mensinyalir, mutasi tersebut berbau suap. Sebab mutasi dilakukan tanpa prosedur dan tahapan yang sesuai dengan kebiasaan. (FDH)

Satu Tanggapan

  1. […] PELAJAR NAKAL AKTIF PAS: HAK BAIK TAK TAHU KEMANA Saved by mayloverbunni356 on Mon 17-11-2008 Hak Angket Mutasi Kasek Tarik Ulur Saved by kichigai on Sun 16-11-2008 Apa itu Hak Asasi Manusia? Saved by baldwind1976 on Tue […]

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: