Kopkar PTPN3 Gugat Developer

Gara-gara pembangunan perumahan karyawan di Aek Torop Labuhanbatu terbengkalai, pihak Koperasi karyawan (Kopkar) Nusa Tiga PTPN3 berencana menggugat developer CV Surya Perkasa.

“Meski sudah diberikan perubahan jadwal waktu yang dua kali ditambah (addendum-red) dan pinjaman uang sudah diberikan akan tetapi pada akhir batas perjanjian pada 5 Agustus 2008 lalu, pembangunan perumahan tetap tidak selesai dan malah ditelantarkan oleh pemborong CV Surya Perkasa,” ungkap kuasa hukum Kopkar Nusa Tiga, Hamdani Harahap SH MH dan Sastra SH, kepada wartawan, akhir pekan lalu.
Dijelaskannya, hingga waktu yang telah ditentukan, jumlah uang yang dipinjamkan senilai Rp 2.789.336.115 belum bisa dipertanggungjawabkan Direktur CV Surya Perkasa, Ir Bambang Hariadi kepada koperasi. Itikad buruk lainnya, kata Hamdani, terlihat ketika dilakukan peninjauan hasil pekerjaan di lapangan, terdapat beda pendapat penilaian antara versi developer yang menyebutkan nilai pekerjaan sudah mencapai 60%.

Padahal, menurut penilaian Kopkar Nusa Tiga, hasi pekerjaan di lapangan baru mencapai 31,8%. “Untuk mendapatkan obyektifitas nilai pengerjaan proyek, ditunjuk dan dipercayakan kepada Appraisal Independen agar bisa diaudit oleh ahlinya. Hasil audit menyatakan, nilai proyek (pekerjaan) itu baru diselesaikan sebesar 35,9 persen,” paparnya.
Hamdani menambahkan, pihak developer juga berupaya membalikkan fakta bahwa Kopkar Nusa Tiga tidak membayar hutang kepada pekerja. Akibatnya, sejumlah masyarakat, berikut tokoh pemuda dan kepala tukang se Kecamatan Torgamba Labuhanbatu menyurati pihak Direksi PTPN III.
“Sekalipun kontrak telah berakhir dan tidak diperpanjang lagi, namun hingga saat ini Direktur CV Surya Perkasa Ir Bambang Hariadi sama sekali tidak menunjukkan itikad baik dengan menyelesaikan tanggungjawab pekerjaannya dan mengembalikan pinjaman uang koperasi,” tutur Hamdani.

MedanBisnis – Medan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: