36 Parpol Serahkan Berkas Bacaleg ke KPUD

2 Parpol Dualisme Kepengurusan


Hingga pukul 00.00 WIB, Rabu (20/8), pihak KPU (Komisi Pemilihan Umum) Labuhanbatu resmi menerima daftar Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) dari 36 Partai Politik (Parpol) peserta Pemilu 2009. Tercatat, partai yang paling akhir mengantarkan berkas nama-nama bacalegnya adalah Partai Peduli Rakyat Nasional (PPRN).

Seperti pemberitaan sebelumnya, sejak Senin (18/8), parpol yang pertama kali melakukan penyerahan berkas-berkasnya adalah Partai Damai Sejahtera (PDS). Disusul kemudian, Selasa (19/8) partai-partai lainnya. Sehingga, sampai Selasa sore (19/8) sekira pukul 17.30 WIB, 5 partai politik (parpol) telah mendaftarkan calonnya ke KPUD Labuhan Batu.
Pantauan di kantor KPUD Labuhan Batu, hingga Rabu dini hari, suasana kantor penyelenggara ‘pesta demokrasi’ di Labuhanbatu itu, penuh disesaki oleh para pimpinan parpol dan para bacalegnya yang hadir dalam penyerahan berkas. Suasana di tempat itu pun terus berganti-ganti. Sebab, masing-masing parpol yang tak sedikit mengenakan pakaian parpol dengan warna masing-masing. Sehingga menambah kesan keragaman yang ada.
Ketua KPUD Labuhanbatu, Suhari Pane mengatakan, untuk penerimaan penyerahan berkas nama-nama bacaleg masing-masing parpol, pihaknya membagi kelompok menjadi 4. Yakni, kelompok I untuk menerima berkas sebanyak 9 parpol.

Demikian halnya untuk Kelompok II bertugas menerima berkas dari 9 parpol yang telah ditentukan. Selebihnya untuk tugas kelompok III dan kelompok IV.
“Pendaftaran kita bagi menjadi empat kelompok. Yang pertama diketuai saudara Borkat Hasibuan, kedua H Syam Hasri, ketiga H Djamin Joni dan keempat Ira Wirtati,” jelas Ketua Suheri. Mengenai tenggat waktu, katanya, tetap merupakan mekanisme berlaku. Sebab, urainya sesuai Peraturan KPU Nomor 20 Tahun 2008, tentang pengajuan bakal calon anggota DPRD Labuhan Batu oleh pengurus parpol ke KPU, ditetapkan sejak tanggal 14 Agustus hingga 19 Agustus 2008 hingga pukul 24.00 WIB. “Batasnya pukul 24.00 WIB. Lebih dari itu tidak akan diterima lagi,” kata Suhari.
PPD dan PSI Labuhanbatu Tidak Daftarkan Calegnya
Sementara itu, dari 38 Parpol peserta pemilu secara nasional yang terdaftar di Kabupaten Labuhanbatu, hanya 36 parpol yang telah menyerahkan daftar bacalegnya ke KPUD setempat. Sedangkan, dua parpol lainnya tidak mendaftar bacalegnya.

“Di Labuhanbatu hanya 2 Parpol yang tidak ada mendaftarkan bacalegnya. Itu karena susunan kepengurusannya tidak ada. Kedua Parpol itu, yakni Partai Persatuan Daerah  (PPD) dan Partai Syarikat Indonesia (PSI),” jelasnya.
Hingga Rabu dini hari kemarin, Suheri belum menjelaskan jumlah nama-nama bacaleg dari 36 Parpol yang telah menyerahkan berkas-berkas yang ada. “Kita masih menyusun nama-nama yang telah diserahkan berkasnya,” tandasnya.
Tapi, tambahnya, dari 36 Parpol yang telah menyerahkan berkas nama-nama bacalegnya, terindikasi satu parpol masih harus menjalani proses evaluasi. Serta 2 Parpol lainnya, yakni Partai Gerindra dan PKB, juga masih terus menjalani proses di tingkat KPUD. Hal itu terkait dengan terjadinya dualisme kepengurusan partai di daerah. “Belum tersusun nama-nama bacaleg. Selain itu, dari 36 Parpol yang telah menyerahkan berkas, 1 di antaranya mesti dievaluasi. Dan 2 lainnya masih ditunggu penyelesaian masalahnya dari tingkat pusat terkait kepengurusan partai yang ganda,” tandasnya. (FDH)

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: