Bacaleg Terlibat Pidana Terancam Gugur

Sesuai mekanisme berlaku, pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU) Daerah Labuhanbatu akan mengumumkan nama dan gambar Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) yang telah didaftarkan Partai Politik (Parpol) pengusungnya ke publik.

Bahkan, jika nantinya ditemukan indikasi bacaleg yang terlibat dalam tindakan pidana dan juga perlakuan amoral yang pernah dilakukan sebelumnya, juga akan dipublikasikan kepada masyarakat luas.
“Kita akan sebar seluruh nama-nama bacaleg ke masyarakat. Bahkan, hingga ke pelosok-pelosok desa se-Labuhanbatu,” beber Ketua KPUD Labuhanbatu, Suheri Pane, Rabu (20/8) di Rantauprapat.
Masih menurut Suheri, hal itu akan dilakukan sebagai tahapan memasuki jadwal verifikasi kelengkapan administrasi caleg. Itu, dimulai dari tanggal 15 Agustus sampai 7 September 2008. Jadwal penyampaian hasil verifikasi kepada parpol peserta pemilu dan pihak terkait lainnya, termasuk bagi bacaleg yang bermasalah, akan ditentukan sejak 16 Agustus sampai dengan 9 September 2008.
“Pemberian kesempatan untuk melengkapi dan memperbaiki syarat calon ditentukan pada tanggal 10 Agustus sampai dengan 16 September 2008,” imbuhnya.
Selanjutnya, tanggal 11 Agustus sampai batas akhir 19 September, merupakan jadwal verifikasi hasil perbaikan kelengkapan syarat calon.
Setelah memeriksa kelengkapan berkas masing-masing bacaleg, selanjutnya akan diumumkan di tempat strategis dan juga kantor Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).

Malah, dalam tahapannya akan memberi kesempatan kepada masyarakat luas untuk memberikan tanggapan dan masukan terhadap bacaleg yang ada. Itu dilakukan sebelum diumumkan menjadi daftar bacaleg sementara.
“Kita beri waktu sekitar seminggu kepada masyarakat untuk memberikan  masukan dan tanggapan ke KPUD terhadap bacaleg yang ada. Kalau ada masukan secara resmi akan dilakukan crosschek dan mempelajarinya. Serta, segera melakukan koordinasi dengan pihak terkait,” bebernya.
Jika ternyata benar laporan itu, tambah Suheri, maka nama dan gambar bacaleg itu akan diumumkan kembali kepada masyarakat.
Tujuannya, kata Suheri, sebagai langkah upaya menjaring anggota legislatif yang ‘bersih’ dari tindak pidana dan tidak memiliki mentalitas yang tidak baik.
Malah, imbuhnya, ketika masukan informasi dari masyarakat itu dapat dibuktikan, pihaknya juga akan mengambil langkah tegas sesuai ketentuan yang ada. Bahkan tidak tertutup kemungkinan berdampak gugurnya bacaleg tersebut.
Oleh karenanya, Suheri ‘menantang’ warga dan mengharapkan masyarakat untuk memberi laporannya. Sebagai bentuk security kepada pelapor, pihaknya akan menggunakan kode etik dalam menyimpan identitas pelapor.
“Bagi pelapor, identitasnya benar-benar akan dirahasiakan dan tetap kita sembunyikan,” ungkap Suhari.
Sementara, untuk kaitan yang terindikasi mengandung amoral, pihaknya kata Suheri akan mengembalikan persoalan itu kepada masing-masing pimpinan parpol bacaleg dalam mengambil tindakan sesuai ketentuan yang dimiliki parpol asal bacaleg.
“Kaitan dengan tindakan amoral, pimpinan parpol diharap dapat memberi sanksi kepada bacaleg yang terindikasi memiliki moralitas jelek,” tandasnya.(FDH)

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: