Caleg PKS Lakukan Kontrak Politik

8 BETOR Kawal Pendaftaran Caleg DPRD Labuhanbatu


Dengan menggunakan 8 unit Becak bermotor (Betor), sebanyak 59 berkas Caleg (Calon Legislatif) dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Labuhanbatu, dikembalikan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Labuhanbatu. Penyerahan berkas itu, langsung dilakukan Ketua DPD PKS Labuhanbatu, Iskandar Muda Situmorang didampingi Sekretaris Umum Ahmad Mulkan beserta pengurus dan kader PKS Labuhanbatu, Rabu (20/8) sore.
Ketua DPD PKS Labuhanbatu Iskandar Muda Situmorang mengungkapkan, pengembalian berkas caleg tersebut sebagai wujud kesiapan dan keseriusan PKS dalam pelaksanaan pemilu 2009 mendatang.
PKS menurut Iskandar, telah sesuai dengan peraturan perundang-undangan yakni mengisi 59 orang caleg dari Kuota yang ada .
“Komposisi caleg PKS 69 persennya pria. Sedangkan sisanya 31 persen dari kaum wanita. Semuanya sudah siap untuk turun dan bekerja bersama masyarakat,” paparnya.
Menurut Iskandar, berkas yang dikirimkan telah dilakukan verifikasi internal di tingkat partai. Itu ujarnya, sebagai wujud upaya turut membantu kinerja KPU. “Alasan mendasar, semoga bisa membantu meringankan kerja KPU,” imbuhnya.
Selain syarat dari KPU, katanya lagi, PKS juga mengharuskan pada calegnya untuk mengumpulkan kontrak politik yakni 8 Komitmen Kerakyatan Anggota Dewan yang terdiri dari, menjadi suri tauladan dalam menjaga moral dan akhlaq masyarakat dengan menghilangkan budaya dan praktek kolusi, korupsi dan nepotisme. Baik suap, pelicin, pungutan liar, gratifikasi dalam setiap urusan yang berkaitan dengan tugas pokok dan fungsi sebagai anggota dewan.
“Selain itu, caleg PKS juga harus menjunjung tinggi dan berupaya mengangkat harkat martabat bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Bersungguh-sungguh dalam menjalankan tugas pokok fungsi dalam upaya mencapai kesejahteraan rakyat serta mewujudkan anggaran yang berpihak kepada kepentingan rakyat,” tegasnya.
Katanya lagi, para caleg juga sudah berkomitmen untuk melakukan pengawasan terhadap penyelenggara pemerintahan bersama dengan seluruh komponen masyarakat. Melakukan pembelaan terhadap kepentingan masyarakat dalam setiap pengambilan kebijakan. Melaksanakan falsafah perjuangan, visi misi, platform Partai Keadilan Sejahtera demi terwujudnya cita-cita pembangunan PKS menuju Indonesia madani. Dan jika itu tak terwujud, anggota dewan dari PKS bersedia mundur atau melaksanakan Pergantian Antar Waktu (PAW).
“Semuanya ditandatangani di atas kertas bermaterai. Ini akan mengikat secara hukum dan politis,” pungkasnya. Selain itu, akunya, PKS Labuhanbatu menargetkan pada pemilu 2009 minimal 5 kursi dan optimis dengan dukungan semua pihak akan meraih kursi yang lebih besar. (FDH)

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: