Jelang Ramadan, Harga Barang Naik

Toko Pakaian ‘Diserang’


Menjelang bulan suci Ramadan, harga beberapa kebutuhan rumahtangga mengalami kenaikan di Labuhan Batu. Para pedagang di sejumlah pasar tradisional mengatakan, kenaikan rata-rata mencapai 10 hingga 20 persen.

Seperti tomat yang sebelumnya Rp6500, kini naik menjadi Rp10 ribu per kilogram. Begitu juga dengan telur ayam, dari Rp700 kini naik menjadi Rp900 per butir. Gula pasir dari harga Rp7000 menjadi Rp7500 per kilogram, serta sayur kubis dari harga Rp2000 kini menjadi Rp3000 perkilogramnya.
Daniel, salahseorang pedagang sembako di Jalan Diponegoro Rantau Prapat, mengatakan, besar kemungkinan kenaikan disebabkan banyaknya permintaan konsumen yang tak diimbangi dengan ketersediaan barang. “Persediaan terbatas. Sementara permintaan meningkat,” katanya tak menafikkan kalau jelang Ramadan kondisi seperti itu sudah menjadi tradisi.
Daniel juga menambahkan, omset penjualannya menjadi berkurang akibat kenaikan harga barang itu. Menurut kebiasaan, sampai menjelang lebaran harga sembako akan terus mengalami kenaikan. Tapi Daniel berharap, harga barang tak mengalami kenaikan lagi.
Mira, salahseorang ibu rumahtangga yang merasakan imbas kenaikan harga barang tersebut, mengaku resah. Apalagi mengingat penghasilannya yang kecil, terasa sulit jika harus mengurangi jatah belanja agar dapat memenuhi kebutuhan rumahtangganya yang lain. Seperti jajan anak-anak dan lain sebagainya.
Sementara bagi kalangan atas, kenaikan harga barang tak begitu memengaruhi aktifitas menyambut kedatangan bulan suci Ramadan. Seperti membeli pakaian dan keperluan beribadah lain, tetap saja dilakukan. Tak heran, toko pakaian ikut mendapat imbas dari kondisi itu.
Juli, salahseorang pedagang pakaian di Jalan Ahmad Yani, Rantau Prapat mengatakan, saat menjelang bulan puasa seperti saat ini, banyak masyarakat Labuhan Batu yang membeli pakaian muslim di tokonya. Bahkan hingga menjelang lebaran nanti, omsetnya akan terus bertambah dari hari biasanya. ( zr )

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: