Mantan Kasek Korban Mutasi Buka Borok Disdik

Dugaan Penggelapan Dana ATK Diungkap


Sedikitnya 23 mantan kepala sekolah (kasek ) korban mutasi pada jajaran Dinas Pendidikan Kabupaten Labuhan Batu, mencurigai tidak terealisasinya dana Alat Tulis Kantor (ATK) saat mereka menjabat sebagai kasek, terindikasi negatif. Untuk memastikan kecurigaan tersebut, para kasek melapor ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Rantau Prapat. 

Dalam laporannya, para kasek mengaku kalau mereka telah menandatangani lembar kuwitansi berisi pembelian ATK terhitung sejak Juni s/d Desember Tahun 2007, dan Januari s/d Juni Tahun 2008. Namun dana yang tercantum pada kuwitansi yang selanjutnya diserahkan kepada Kepala Cabang Dinas (Kacabdis), itu hingga saat ini tak pernah terealisasi tanpa alasan yang jelas.
“Padahal Kacabdis berjanji kalau kuwitansi ditandatangani, dana akan segera dicairkan. Tapi sampai sekarang dana itu tak pernah terealisasi sesuai janji. Kami takut tandatangan kami yang sudah dilengakpi dengan stempel akan disalahgunakan. Maka itu kami melaporkan masalah ini,” kata Indra Bustami, mantan Kepala SD Negeri Nomor 112150 Kecamatan Rantau Selatan, yang mengaku terpaksa menandatangani kuwitansi saat itu demi loyalitas.
Kasi Pidsus Kejari Rantau Prapat R Damanik SH, saat dikonfirmasi wartawan Rabu (27/8), mengaku telah menerima laporan para kasek. Namun sejauh ini, pihaknya belum bisa berbuat banyak dikarenakan bukti kuwitansi yang disebut para kasek belum dapat dipastikan kebenarannya. “Datanya masih mentah, untuk mengetahuinya akan kita panggil semua bendahara cabang dinas pendidikan terlebih dahulu,” tegasnya.
Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan Nasional (Kadisdiknas) Pemkab Labuhan Batu, Drs Jamaren Ginting MPd, mengaku jika dana ATK bulan dimaksud memang belum dapat dicairkan dari Badan Pengelola Keuangan dan Kekayaan Daerah (BPKKD) Kabupaten Labuhan Batu. Hal itu dikarenakan Permendagri Nomor 13 untuk Tahun 2007 belum terpenuhi. “Uangnya memang belum cair dari kas pemkab,” jelas Jamaren singkat. (zr)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: