Baru Tiga Parpol Penuhi Syarat Caleg

Di antara 36 partai politik (parpol) yang mengajukan bakal calon legislatif (caleg) pada Pemilu 2009 mendatang, hanya tiga yang memenuhi persyaratan berkas.

Ketiga parpol itu, yakni Partai Golkar, PDIP, dan PKS. Sementara itu, parpol lain masih belum memenuhi persyaratan yang ditetapkan KPU. Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Labuhanbatu Suhari Pane memaparkan, tiga parpol itu telah mencalonkan calegnya di semua daerah pemilihan (dapil).

Termasuk, mengantarkan unsur 30% caleg keterwakilan perempuan. ’’Ketiga partai itu mengusulkan masing-masing 59 caleg.Jadi,hanya tiga parpol itu yang berkasnya sudah memenuhi persyaratan,” ujarnya. Disinggung tentang jumlah keseluruhan bakal caleg se-Labuhanbatu, Suhari menyatakan, verifikasi berkas yang dilakukan masing-masing Kelompok Kerja (Pokja) KPU belum selesai.

Hal itu disebabkan banyak parpol saat mengajukan berkas bakal calegnya tidak lengkap sehingga menyulitkan KPU. ’’Walau waktu telah terlewatkan, pemeriksaan berkas belum selesai. Berkas yang diantarkan hampir semua parpol yang mengusung calegnya kepada kami banyak yang amburadul,”paparnya.

Sementara itu, seluruh parpol peserta Pemilu 2009 di Labuhanbatu sepakat akan menjalankan semua tahapan dengan damai.Kesepakatan ini dinyatakan partai setelah KPU memfasilitasinya. Hal itu disampaikan dalam sebuah acara di halaman Kantor Dinas Permukiman dan Prasarana Daerah (Kimprasda), Rantauprapat, kemarin. (sartana nasution)

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: