Bupati Sanksikan Cuaca Merusak Agenda

Tender Proyek Digelar September


Walau terlambat, Bupati Labuhan Batu HT Milwan, berjanji melelang/ menenderkan proyek pembangunan fisik di semua Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), paling lambat Bulan September 2008 mendatang. Namun mengingat cuaca yang tak menentu saat ini, Milwan meragukan penyelesaian semua proyek yang akan ditenderkan bisa berjalan lancar seusai agenda.

Untuk keterlambatan pelelangan menurutnya, disebabkan adanya perubahan harga bahan-bahan khususnya bangunan pasca kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) beberapa waktu lalu. “Mudah-mudahan tender proyek fisik dilakukan pertengahan bulan September mendatang,” kata HT Milwan, Jumat (29/8) di halaman kantor Permukiman dan Prasarana Daerah (Kimprasda) sesaat setelah menghadiri acara penandatanganan/kesepakatan pemilu damai terhadap partai politik peserta pemilu 2009 mendatang.

Diakui Milwan, kenaikan harga BBM sangat berimbas terhadap perubahan fisik proyek, sebab anggaran semula diyakini ada perbedaan. Akibatnya, perlu dilakukan eskalasi (perubahan harga) yang menyebabkan pelelangan proyek tergendala.

Disinggung tentang akan terulang kembali luncuran pengerjaan proyek ke tahun depan, dan akan berdampak besar kepada para rekanan, Milwan tidak memungkirinya. Apalagi, melihat keadaan cuaca yang dapat dikategorikan telah memasuki musim penghujan. “Kalau karena cuaca bagaimana mau dibuat, kita tidak bisa menahan itu,” jelas Milwan.

Terkait masih adanya SKPD yang mengeluhkan belum cairnya biaya operasional hingga beberapa bulan ke belakang, Milwan mengatakan, hal itu disebabkan masih lemahnya Sumber Daya Manusia (SDM) masing-masing kepala SKPD. Sehingga, laporan penggunaan keuangan sebelumnya terlambat, dan berdampak anggaran berikutnya tidak dapat dicairkan.

Saat itu Milwan juga mengakui, bahwa daerah berpanghasilan sawit dan karet yang ada di bawah kepemimpinannya, masih minim oknum tamatan Sarjana Akutansi. Sehingga, pembuatan laporan seringkali harus diperbaiki. “Daerah kita juga masih kekurangan tamatan Sarjana Akutansi,” jelas Milwan mengakhiri.(FDH)

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: