Gedung Kir Mubazir

Gedung pengujian kendaraan (kir) Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Labuhanbatu yang selesai dibangun 2006 lalu terkesan mubazir.

Sebab, gedung yang menghabiskan dana hingga ratusan juta rupiah kini terlihat tidak berfungsi. Ironisnya lagi, meski sudah ditambah pembangunan balai pengujiannya, gedung yang terletak di belakang Kantor Informasi Penyuluh Pertanian, Jalan Baru Rantauprapat By Pass, itu dikelilingi rumput dan ilalang liar. Diduga,saat membangun, pejabat terkait tidak mempunyai perencanaan yang matang sehingga sampai sekarang tidak digunakan selayaknya.

Saat sejumlah wartawan masuk ke gedung itu bersama pejabat Dishub Labuhanbatu, tampak beberapa barang uji kendaraan menumpuk dalam sebuah ruangan.Terkesan dibiarkan begitu saja. Barang-barang uji kendaraan yang sudah menghabiskan dana ratusan juta tersebut, antara lain axle load meter, brake tester, air compressor, head light tester.Beberapa ruangan juga terlihat kosong dan kacanya sudah pecah.Belum lagi kolong tempat melintas kendaraan yang digenangi sampah dan air.

Padahal,Kepala Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sumatera Gortab Marbun beberapa bulan lalu saat kunjungan kerja ke Labuhanbatu sempat menyebutkan jangan menciptakan proyek yang akal-akalan. Sementara itu,Kepala Dinas Perhubungan Labuhanbatu Ali Muktir Siregar melalui Kepala Tata Usaha Khairuddin menyatakan, gedung uji kendaraan tersebut tidak siasia.

’’Pengadaan peralatan uji danprogramlainberjalanbaik sesuai mekanisme,”ujarnya. Mengutip pejabat pembuat komitmen, dia beralasan bahwa gedung uji tersebut belum bisa beroperasi karena pegawainya harus mempunyai sertifikat,minimal satu orang. Pihaknya sudah menyurati Dishub Provinsi Sumut untuk meminta pegawai yang ditugaskan untuk mengoperasikan peralatan. Namun, hal itu belum juga mendapat jawaban. (sartana nasution)

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: