Bunyi Petasan Ganggu Ketenangan Warga

Menjalani malam kedua Salat Tarawih khususnya di inti Kota Rantauprapat, warga mulai diresahkan dengan bunyi-bunyi petasan (mercon) yang dilakukan oleh oknum-oknum tak bertanggungjawab. Itu terlihat di sepanjang jalan utama yang ada. Selain mengganggu warga, bunyi petasan tersebut juga sangat menggangu ketenangan umat Islam yang sedang menjalan ibadah Salat Tarawih. Pantauan di lapangan, di sepanjang Jalan Urip Sumodiharjo, hampir di sepanjang jalan itu terlihat kumpulan anak-anak sedang bermain petasan. Walau sekitar puluhan meter dari sana berdiri masjid Al-Muttaqin.
Ironisnya lagi, mereka tidak segan-segan melempar petasan tersebut ke arah pengendara atau pengguna jalan. Perbuatan itu jelas sangat mengganggu ketenangan semua pihak.
Walau dari semula beberapa pihak telah melarang memainkan petasan di saat berlangsungnya Salat Tarawih, namun sebahagian besar anak-anak tidak mengindahkannya. Apalagi aparat terkait tidak terlihat melakukan tindakan yang berarti terkait meminimalisir aksi meresahkan itu.
Andi warga Jalan Urip Sumodiharjo, mengaku sangat menyesalkan tindakan itu. Ia berharap agar aparat terkait secepat mungkin mengambil tindakan untuk menertibkan pemain-pemain petasan, khususnya di saat umat sedang menjalankan ibadah.
“Kita minta agar aparat bertindak. Apalagi anak-anak itu bermain saat berlangsungnya Salat Tarawih. Perbuatan itu sangat menggangu,” katanya.
Menurut warga lainnya, kalaupun memang belum dapat ditertibkan, minimal aksi keributan itu dilakukan setelah selesai umat beribadah. Ia juga mengataka bahwa hal itu sudah tradisi dari tahun-tahun sebelumnya tanpa dapat di atasi sebaik mungkin oleh pihak yang berwenang.
“Kalau main mercon sudah dari dulu ada. Tapi, maunya ya jangan di saat orang sedang beribadah. Lagi pula itu sudah mengganggu ketenangan. Maunya aparat tanggap akan hal itu,” harapnya. (FDH)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: