Bupati Labuhanbatu pertahankan pejabat korup

Bupati Labuhanbatu bersikukuh mempertahankan dua pejabat yang telah menjadi terdakwa dalam kasus korupsi Rp1,7 miliar yakni NFH serta DHM dari Jabatan Kepala Dinas Kesehatan dan Wakil Kepala Dinas Kesehatan.

Hal itu terungkap dalam keterangan Bupati HT Milwan ketika ditanya wartawan seputar alasan dan pertimbangannya, sehingga kedua terdakwa tidak di nonaktifkan dari jabatan.

“Saya masih membuat asas praduga tak bersalah, maka keduanya belum saya non aktifkan. Selagi proses hukum belum berkekuatan tetap, saya melihatnya belum perlu dinonaktifkan,” ujar Bupati baru-baru ini.

Lebih lanjut Bupati mengatakan, ia tidak melihat adanya penolakan isi Berita Acara Pemeriksaan dalam persidangan, di Pengadilan Negeri (PN) Rantauprapat.

Sementara, Sekretaris The Enteng Center, Jappar Siddik Nasution menyebutkan, tidak di nonaktifkannya kedua pejabat/terdakwa, mengesankan Bupati tidak pro pemberantasan korupsi.

“Seharusnya bupati memberikan contoh, dia anti korupsi dengan menonaktifkan si terdakwa, tapi itulah Labuhanbatu,” kata Jappar.

Secara terpisah usai persidangan di Pengadilan Negeri Rantauparapat, Jaksa Penuntut Umum (JPU), Belma Tindaon mengatakan, dari sekian banyak saksi yang memberikan keterangan di persidangan khususnya Kepala Puskesmas, hanya satu yang tidak mencabut BAP yaitu, dr. Rustian Sinaga yang saat ini, sudah menjadi dokter biasa.

“Secara yuridis formal saya tidak bisa mengomentari soal tidak di nonaktifkannya kedua pejabat Dinkes itu. Tetapi seorang pejabat negara, sesuai dengan ketentuan Undang-Undang Pemerintah Daerah No 32 tahun 2004, apabila dinyatakan sebagai terdakwa, dia dinonaktifkan,” ujar Belman.

Ditambahkan, jika kemudian terdakwa dinyatakan tidak bersalah dan tidak terbukti dengan kasusnya, penonaktifan kembali dicabut serta dikembalikan haknya.
(iwa/cbs)

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: