Selamat Jalan “Tutup Jengkol”

Kapten Artileri Medan (Armed) Sukhairiwan Ssos (35) yang ditemukan tewas bersimbah darah di kediamannya Jalan Angkasa Asrama Kodim 0107 Aceh Selatan, Minggu (7/9) sekitar pukul 19.00 WIB, ternyata menyisakan sejumlah kenangan bagi para penggemar radio amatir di Labuhanbatu.

Pasalnya, Perwira seksi (Pasi) Intel Komando Distrik Militer (Kodim) 0107 Kabupeten Aceh Selatan itu sempat menghiasi dunia breaker Kota Rantauprapat di era 90-an dengan nama udara Tutup Jengkol (TJ).
Dengan joke segar nan supel, ia menjadi incaran setiap teman ngebriknya untuk diajak “kopi darat” alias bertemu langsung. Popularitas TJ tak sebatas Labuhanbatu, tapi juga Asahan, Tanjungbalai, dan Padangsidimpuan. Apalagi, putra pasangan H Chairuddin Bae-Hj Sulastri ini memiliki fasilitas Handy Talky yang tergolong komplit, sehingga daya jangkaunya menjadi lumayan jauh.
Kendati memiliki peralatan canggih, TJ tak sombong. Bahkan, ia kerap menjadi penghubung antar daerah dalam menyampaikan informasi penting dari para sahabatnya. Maklum saja, ia juga rajin nongkrong di beragam frekuensi. Tak pelak, para breaker di jalur Romeo Papa (istilah untuk Kota Rantauprapat, red), dan Lima Bravo (istilah untuk Labuhanbatu, red) teramat mengenal namanya.
Hanya saja, setelah mengabdikan diri di dunia kemiliteran, yakni Artileri Medan (Armed), nama TJ nyaris tak pernah lagi mengudara.
Lama tak terdengar beritanya, justru kabar duka menghampiri udara Labuhanbatu yang mengabarkan kepergiannya yang teramat mengenaskan “di tanah rantau”. Kini, di Taman Makam Pahlawan Jalan Ahmad Yani Rantauprapat, jasadnya bersemayam, seolah berupaya mengingatkan bahwa TJ akan tetap hidup di kalangan breaker daerah tersebut.

MedanBisnis – Rantauprapat

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: