Perda Pendongkrak PAD Dirasa Perlu

Beberapa kalangan di Labuhan Batu menganggap peraturan daerah (perda) untuk mendongkrak Pendapatan Asli Daerah (PAD) amat perlu ditingkat. Untuk itu, Pemkab Labuhan Batu didesak untuk melakukan terobosan baru pembentukan berbagai perda demi pembangunan daerah.     Efendi Panjaitan SE, Direktur Lembaga Studi dan Advokasi Kebijakan (ELSAKA) Sumatera Utara berpendapat, selain pajak dari luas areal usaha, perda mengatur pendapatan dari Crude Palm Oil (CPO) sangat memungkinkan untuk mendongkrak PAD.
“Pajak luas perkebunan dan CPO itu sendiri memungkinkan untuk mendongkrak PAD. Saya yakin kalau pemerintah setempat mampu berkomunikasi dengan pemerintah pusat, PAD akan dapat bertambah dari situ,” ungkapnya Minggu (14/9).
Dikatakannya, perusahaan yang akan dikenakan pajak tersebut dinilai tidak akan terasa berat. Bahkan, terkesan akan mendukung kalau perda itu dilahirkan. Apalagi, nantinya pendapatan itu bermanfaat kepada perusahaan yang dikenakan perda tersebut. Sebab, perusahaan juga mempunyai satu komitmen, yakni memberi dan menerima.
“Tapi pajak itu juga ada untungnya sama perusahaan. Misalnya, jalan penghubung diperbaiki, yang mana banyak menguntungkan bagi perusahaan yang dapat memanfaatkan jalan dengan lancar. Tapi ingat, jangan pula dananya dikantongi,” jelasnya.
Menurut penilaiannya, selama ini Pemkab Labuhan Batu hanya memanfaatkan apa yang telah ada, tanpa ingin menggali potensi yang terpendam. Untuk itu, kata dia, Badan Kepegawaian Daerah (BKD) selayaknya mempunyai program kedepan, terutama kepada pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).
“BKD harus mampu melihat mana yang harus ditempatkan sesuai keahliannya. Kalau sudah begitu, baru masing-masing SKPD menelurkan program yang positif, apalagi mengenai perolehan pendapatan. Dukungan anggota DPRD-nya juga sangat penting,” ujar Efendi. (FDH)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: