Terdakwa Dituntut 15 Tahun

Terdakwa kasus pembunuhan Ruddin Butar-butar dituntut hukuman 15 tahun penjara oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) Belman Tindaon di persidangan Pengadilan Negeri (PN) Rantauprapat, Rabu (17/9) sore.

JPU menyatakan, terdakwa terbukti sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana pembunuhan sebagaimana dimaksud dalam dakwaan primer pada Pasal 340 KUHPidana, subsider Pasal 338. Hal ini diperkuat dengan bacokan parang terdakwa yang dibuktikan dengan visum et repertum RS Membang Muda PTPN III No RSMMA/X/02/2008 yang diperiksa dr Syahrizal Siregar.

Karena itu, JPU Belman menuntut majelis hakim menyatakan terdakwa terbukti bersalah sebagaimana diatur dalam Pasal 338 KUHPidana dan menghukum pidana penjara selama 15 tahun. Seusai pembacaan tuntutan itu,Ketua Majelis Hakim Syahrul Rizal dibantu Alex TMH Pasaribu dan Bony Daniel menunda sidang hingga pekan depan dengan agenda pembacaan pledoi terdakwa.

JPU mengungkapkan,korban Hotman Simanjuntak dibunuh di teras rumahnya oleh terdakwa yang merupakan adik iparnya sendiri. Saat itu terdakwa menumpang berjualan tuak (minuman tradisional Batak) di rumah korban. Peristiwa nahas itu terjadi 10 Maret lalu, sekitar pukul 23.30 WIB, di Kampung Baru, Desa Sukarame,Kecamatan Kualuh Hulu,Kabupaten Labuhanbatu.

Kejadian itu bermula dari pertengkaran kecil pelaku dan korban. ’’Kau jangan bicara begitu.Kau kan yang menumpang di sini,” tutur korban. ’’Tahu aku lae masalah itu,” ujar terdakwa sehingga korban emosi dan mengatakan, ’’Ya, sudah kalau begitu, datangkan kemari kalian saja yang menempati rumah ini.”

Selanjutnya dijawab oleh terdakwa,’’ Hanya itu saja katamu berkali-kali.’’ Lalu, terdakwa berdiri dan langsung mencabut parang dari pinggangnya dan menebas leher korban. (sartana nasution)

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: