Sidang lanjutan korupsi Rp1,7 M tanggung hukuman

Bendahara Dinas Kesehatan Pemkab Labuhanbatu HJH menyatakan, siap menanggung hukuman apapun dan dari Tuhan terkait dugaan korupsi Dinkes 2004 anggaran Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) yang didakwakan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Rp1,7 miliar.

Peryataan itu diungkapkan terdakwa HJH, 50, kepada majelis hakim ketika diperiksa sebagai saksi dalam perkara korupsi terdakwa Kepala Dinas Kesehatan Pemkab Labuhanbatu dr HNFH, MKes, 47, pekan lalu, di Pengadilan Negeri (PN) Rantauprapat.

Setelah sidang dibuka dan dinyatakan terbuka untuk umum dan mengambil sumpah HJH sebagai saksi dalam perkara itu, ketua majelis hakim Moestofa, SH. MH, mengingatkan saksi agar memberikan keterangan yang sebenarnya sesuai dengan sumpahnya di hadapan hakim. Saksi menyatakan siap.
“Saya siap menerima hukuman. Baik pertanggungjawaban kepada Tuhan,” ungkap saksi.

JPU Belman Tindaon, SH semula memohon majelis hakim supaya membuat dugaan atau sangkaan terhadap saksi memberi keterangan palsu. Itu karena tim JPU terdiri dari R. Damanik, SH, Belman Tindaon, SH dan Ika Syahfitri Salim, SH menganggap keterangan yang diberikan saksi adalah keterangan palsu.

JPU Belman menunjukkan bukti-bukti surat berupa memo atau perintah membayar uang kepada orang-orang sesuai disposisi terdakwa dr HNFH, MKes selaku Kepala Dinas dan terdakwa DHM, SKM, MM selaku Wakadis, saksi mengaku, uang-uang itu adalah uang pribadinya.

Terdakwa HNFH tidak keberatan seluruh keterangan saksi di persidangan. Majelis hakim menunda sidang sampai pekan depan untuk pemeriksaan saksi verbalisan dari penyidik Polres Labuhanbatu.

Ketua Tim JPU R Damanik, SH mengatakan, alasan saksi yang menyatakan semua uang yang dicairkannya uang pribadi saksi, sebab jumlah keseluruhan Rp1,7 miliar. Pihaknya berupaya membuktikan sesuai dengan dakwaan, ungkap Damanik.
(ags/cbs/iwa)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: