Lelang Proyek Rp30 M di Labuhanbatu Ricuh 20 Preman Halau Kontraktor

Proses pelelangan atau tender proyek pengadaan barang/jasa tahun anggaran 2008 di Dinas Pasar dan Kebersihan Pemkab Labuhanbatu, ricuh. Pasalnya, lelang proyek lanjutan pembangunan Pasar Glugur dan lainnya itu terkesan tidak terbuka untuk umum sebagaimana amanat Keppres Nomor 80 tahun 2003 tentang Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah.
Kericuhan terjadi karena ada sekitar 20 preman yang dimotori seorang pria mengaku bernama UA menghalau para kontraktor yang ingin mendaftarkan perusahaannya di sekretariat panitia di kantor dinas tersebut di Rantauprapat, Selasa (23/9).
Dalam perdebatan sengit antara para kontraktor, UA mengaku bahwa dirinya dan puluhan orang tak dikenal itu diperintah oleh petinggi daerah ini untuk mengamankan proyek yang sedang ditenderkan Dispaskeb. Dia malah mengaku bahwa proyek yang dilelang itu sudah diarahkan serta sudah ada pemiliknya, HAR.
“Saya ditugaskan untuk mengamankan proyek ini. Jadi kontraktor lain dilarang untuk mendaftar lagi,” tukas UA bernada tinggi.
Ungkapan UA itu tentu saja membuat situasi semakin memanas, sehingga karena tidak bisa dikendalikan lagi akhirnya terjadi keributan. Bahkan, beberapa oknum kontraktor merusak beberapa kursi dan meja yang ada di ruangan kantor itu. Beberapa staf pegawai dinas yang melihat kericuhan tersebut, terbengong tanpa bisa berbuat apa.
Menurut saksi, yang memanggil para preman untuk menghalau para kontraktor yang ribut justru pegawai dinas itu sendiri.
Salah seorang kontraktor, Budi (34), mengaku dirinya juga ikut dihalau sekelompok preman di kantor itu. Bahkan, katanya, sempat terjadi perdebatan sengit dan saling dorong. Namun karena jumlah para kontraktor semakin bertambah, akhirnya UA Cs mundur.
Ketua Panitia Lelang Darwin kepada wartawan mengaku pelaksanaan tender berlangsung aman tanpa ada masalah. Kepala Dinas Pasar dan Kebersihan Labuhanbatu HA Sotar Lubis SSos ketika dihubungi wartawan lewat telepon seluler, mengatakan, proyek itu sifatnya terbuka untuk umum dan siapa saja boleh mendaftarkan perusahaannya. ”Kalau memang ada yang mengaku ikut mengamankan proyek yang dilelang itu saya tidak tahu. Apalagi katanya diperintah petinggi daerah,” ujar Sotar Lubis.

Disinggung tentang apa posisi dan kapasitas sekelompok preman yang dipimpin oknum mengaku bernama UA, Sotar mengaku tidak mengenal yang namanya Ucok Amal Cs dan tidak ada hubungannya dengan Dinas Pasar dan Kebersihan.
Setelah terjadi kericuhan itu, akhirnya panitia lelang proyek menerima pendaftaran para kontraktor yang sempat mengancam akan menghancurkan seluruh barang-barang yang ada di kantor tersebut. Sementara UA Cs tidak mampu berbuat apa-apa ketika rombongan pemburu proyek melakukan aksinya.
Ketua LSM PWI (Parliament Watch Indonesia) Labuhanbatu, Andi Siagian meminta Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) Sumut turun ke Rantauprapat Labuhanbatu agar melihat langsung dan menyidik dugaan kecurangan pelaksanaan tender sejumlah proyek di daerah ini termasuk kekisruhan lelang proyek senilai Rp30 miliar di Dinas Paskeb. Dia menduga pelaksanaan tender tidak mengacu Keppres Nomor 80 tahun 2003 dan Permen PU No.43 tahun 2007 tentang Tata Cara Dokumen Lelang.
”Mengenai akomodasi dan lain-lain, LSM PWI siap menyediakan serta mendampingi pihak KPPU guna mendapatkan bukti dan informasi karena adanya dugaan tentang pengarahan pada seseorang pemenang tender tahun sebelumnya akan dimenangkan,” kata Andi.
Selain itu, tambahnya, LSM PWI Labuhanbatu juga mempunyai data adanya proyek yang dibedah menjadi 2 atau 3 bagian dan nilainya tidak sesuai dengan nilai pagu dalam APBD tahun 2007. ”Yang sangat ironis lagi bahwa disinyalir adanya proyek tahun 2007 sampai saat ini belum siap dikerjakan,” tukasnya, seraya mengatakan, dalam hal ini LSM PWI akan siapkan laporan ke pihak penyidik. (S25/c)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: