1093 Caleg Sementara di Labuhanbatu Perebutkan 50 Kursi Legislatif

KPUD Labuhanbatu mulai mengumumkan daftar calon legislatif sementara(DCS) kepada masyarakat luas. Jumlah DCS dari 36 partai politik peserta pemilihan umum 2009 di Labuhan batu 1.039 orang memperebutkan 50 kursi.
“Sejak hari ini 26 September 2008, KPUD Labuhanbatu mengumumkan DCS sebanyak 1.039 orang kepada masyarakat luas. Tujuannya agar masyarakat memberi masukan dan tanggapan kepada KPUD atas caleg-caleg yang diajukan 36 Parpol itu,” kata Ketua KPUD Labuhanbatu Suhari Pane SIP didampingi anggota Ira Wirtaty MPd, Sam Hasri SH, Kabid Teknis dan Penyelenggara Drs B Siburian, Kabid Program Suhri MSi kepada sejumlah wartawan, Jumat (26/9) sore, di kantor KPUD Jl WR Supratman Rantauprapat.
Suhari menegaskan, KPUD Labuhanbatu menerima laporan masukan atau tanggapan dari masyarakat terhadap Caleg apakah terlibat tindak pidana dengan ancaman hukuman penjara 5 tahun semisal asusila atau tindak pidana lainnya, masuk dalam daftar pencarian orang (DPO), dugaan ijazah palsu dan lain-lain.
“Atas laporan masyarakat tentang hal itu, KPUD selanjutnya akan melakukan klarifikasi terhadap Parpol yang mengajukan Caleg bersangkutan dan pimpinan Parpol berhak mengganti Calegnya,” ujar Suhari.
Jumlah Bacaleg (bakal caleg) sebelumnya mencapai 1050 orang, tetapi dalam tahap verifikasi sebanyak 11 orang dinyatakan gugur karena berkas yang bersangkutan tidak lengkap. Seperti, kata Suheri, seseorang Bacaleg tidak memiliki SKCK, tidak dilengkapi surat keterangan sehat jasmani dan rohani dari RS dan ada berstatus PNS yang tidak mengundurkan diri.

Sebelas Caleg yang gugur, yakni; 1 dari P Golkar, 3 PDP, 1 PPPI, 3 Demokrat, 2 PDK dan 1 PKDI selain 3 Bacaleg PKDI mengundurkan diri tanggal 16 September melalui surat nomor 09/SK/PKDI/LB/2008 yang ditandatangani ketua DPC PKDI Labuhanbatu Bonar M Napitupulu.
Suhari mengungkapkan, KPUD melihat dalam pengajuan Caleg masih ada 13 parpol yang tidak memenuhi peraturan keterwakilan perempuan 30%. Di antaranya, Partai Barnas, Gerindra, PAN, PPIB, PKB, PPI, PDP, PKP, PBB, PBR, PIS dan PPNUI.
Lebih lanjut dikatakannya, ada seseorang Caleg mendaftar dari 2 Parpol berbeda, maka akan dibatalkan jika belum mengundurkan diri dari salah satu Parpol.
Problem lain, ada Caleg berusia 50 tahun tetapi ijazahnya belum keluar atau masih melampirkan Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional (SKHUN) paket C, ada juga yang ijazahnya rusak atau hilang dengan melampirkan surat keterangan dari sekolah. (S25/p)

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: