Pelabuhan Tanjung Sarang Elang Labuhanbatu Mulai Menggeliat

Pelabuhan TSE (Tanjung Sarang Elang) di Kecamatan Panai Hulu, Kabupaten Labuhanbatu, mulai menggeliat dari kesibukan operasional. Pelabuhan di bawah naungan Dirjen Perhubungan Laut itu kini ramai, tidak seperti beberapa waktu lalu lengang. Bahkan tumpukan kayu gelondongan tampak menggunung.
Itu terjadi setelah perusahaan yang bergerak di bidang perkayuan PT Sumatra Riau Lestari (SRL) berminat melabuhkan kayu yang dibelinya dari Garingin Padang Lawas (Palas) untuk dibawa ke Pekan Baru, Provinsi Riau.
“Kita sekitar dua bulan inilah baru ada kegiatan. Selama ini tidak ada yang ingin memakai sarana pelabuhan kita. Hasil pajak dari pemakaian fasilitas ini akan menambah pendapatan negara,” kata Pelaksana Harian KPLP Kantor Pelabuhan Tanjung Sarang Elang, Munar, menjawab wartawan, Senin (22/9).
Dia berharap agar perusahaan lainnya juga akan berbuat yang sama guna memajukan pelabuhan itu.
Munar menjelaskan, setiap perusahaan yang akan memakai jasa pelabuhan laut diyakininya memang yang legal.
“Kalau memang surat-suratnya lengkap, kita tetap ijinkan berlabuh dari sini. Kita juga tidak ingin gara-gara sedikit timbul permasalahan,” tegas Munar.
Humas PT SRL Ansari Nasution mengungkapkan hal yang sama. Menurutnya, kayu-kayu milik perusahaan dimaksud hasil hutan yang ingin diremajakan di areal Hutan Tanaman Industri (HTI) kawasan Palas. Namun ia belum mengetahui pasti berapa jumlah kubikasi kayu yang telah mereka labuhkan dari pelabuhan itu.
“Kalau jumlah pastinya, saya kurang tahu, sebab saya baru sekitar dua bulan bekerja di sini,” ungkap Ansari.
Pantauan wartawan di lokasi pelabuhan, beberapa unit alat berat jenis Bekho beroperasi mengangkut kayu olahan/gelondongan ukuran besar dan kecil yang akan dimasukkan ke dalam kapal pengangkutan. Puluhan batang kayu olahan tertumpuk menggunung di halaman pelabuhan yang berjarak sekitar 100 kilometer dari Rantauprapat. (S25/d)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: