Ratusan Ha Tanaman Pertanian dan Puluhan Rumah di Pangkatan Tergenang

Ratusan hektare lahan pertanian dan sekitar 70 rumah pemukiman masyarakat Desa Senna, Kecamatan Pangkatan, Kabupaten Labuhanbatu, tergenang akibat hujan lebat yang terus menerus sejak pekan lalu hingga Senin (6/10).

Tanaman warga Desa Senah terendam hingga setinggi pinggang orangdewasa genangan air itu akibat desa tersebut diguyur hujan selama tiga hari berturut-turut.
Menurut Pls Sekretaris DPD LSM Aliansi Solidaritas Tani Tranporter dan Nelayan (Astran) Kabupaten Labuhanbatu, Risky Siregar, puluhan hektare lahan warga yang terendam banjir berisi tanaman jagung, kedelai, cabai dan kelapa sawit. Selain itu, ratusan hektare tanaman kelapa sawit petani dan milik perusahaan perkebunan swasta juga terendam banjir.
“Laporan yang kita terima dari Desa Senah, puluhan rumah terendam banjir. Lahan warga sekitar ratusan hektar juga terendam. Kalau ini terus terjadi, dipastikan hasil kebun warga tidak menghasilkan,” ujar Risky kepada wartawan, Selasa (7/10), di Rantauprapat.
Laporan salah seorang warga kepada wartawan per telepon, mengatakan saat ini warga membutuhkan bantuan, namun mereka belum mendapatkan uluran tangan baik dari dermawan maupun dari pemerintah daerah, selain Posko Kesehatan dari Dinkes Labuhanbatu.
Warga juga menyebutkan di Senna ada 5 titik ruas jalan besar Negeri Lama-Tanjung Sarang Elang yang telah terancam putus akibat gerusan air deras akibat hujan lebat. Bahkan, terjadi antrian panjang di lokasi jembatan akibat sulit dilalui.
“Tinggi air di badan jalan sekitar setengah meter. Tanaman warga tidak dapat dipanen, kerugian sekitar seratus jutaan. Kami berharap agar pemerintah setempat secepatnya menyalurkan bantuan sebelum ada warga yang mengalami kelaparan,” harap Muslim Manik.
Akibat hujan lebat, kemarin, arus lalulintas kendaraan di jalan lintas Sumatera (Jalinsum) di Desa Pematang Seleng, Kecamatan Bilah Hulu, Labuhanbatu, masih macet.
Kemacetan sebelumnya lebih parah karena hingga berjam-jam dan panjang antrian hingga 10 Km akibat banjir yang menggenangi badan jalan besar tersebut. Kemacetan ditambah banyaknya warga yang berbondong-bondong ke daerah itu melihat situasi yang memacetkan arus lalu lintas tersebut. Untung macet total dapat dihindari atas bantuan warga dan petugas kepolisian. (S25/c)

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: