Pejabat Pemkab Diduga Pakai Listrik Ilegal

Saat Provinsi Sumatera Utara mengalami krisis listrik yang berkepanjangan, Wakil Bupati Labuhanbatu Sudarwanto diduga menggunakan aliran listrik ilegal. Aliran listrik itu digunakan sebagai penerangan rumah di ladangnya di Desa Sigambal.

Anto, salah seorang yang mengaku sebagai penjaga kebun menyatakan, ladang serta rumah yang tidak memiliki meteran listrik milik Wakil Bupati Labuhan Batu Sudarwanto.”Ini punya Pak Wakil Bupati Sudarwanto,” ujarnya kemarin.

Namun, Anto tidak mengetahui pasti sudah berapa lama listrik ilegal itu menerangi rumah serta jalan menuju ladang Wakil Bupati itu mulai digunakan. “Saya tidak tahu pastinya sudah berapa lama. Sudah lebihlah sekitar setahun,” tutur Anto.

Tiang listrik di sekitar wilayah itu mulai berkarat, sedangkan dari tiang utama di depan rumah, tempat tinggal penjaga kebun, kabel listrik sengaja dialirkan dari atas tanah menuju rumah tanpa meteran PLN. Bukan saja ilegal, lampu merkuri yang menempel di empat tiang pun terkesan mubazir. Sebab, di sana tidak ada rumah penduduk, melainkan kebun yang ditumbuhi berbagai macam buah-buahan.

Menanggapi persoalan ini, Kepala Cabang PLN Rayon Kota Rantauprapat Edi K Situmeang menyatakan belum mengetahuinya. Edi menambahkan, sesuai peraturan di PLN, apabila ada rumah penduduk yang tidak memiliki meteran (ilegal), akan diputus aliran listriknya. Kalau pemiliknya ingin menyambung kembali aliran listrik, dia diharuskan membayar selama pemohon baru memakai listrik secara ilegal.

“Kami punya rumus perhitungan sendiri dalam penentuan pembayaran yang dikenai kepada pemohon yang sempat diputus akibat tidak memiliki meteran,” tuturnya.

Wakil Bupati Labuhan Batu Sudarwanto saat dikonfirmasi lewat telefon selularnya tidak mau menerimanya. Begitu juga dengan pesan singkat yang tidak dibalasnya.
(wir/cbs)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: