Delapan Surat Kaleng Kritik Caleg ke KPUD Labuhanbatu

Sepanjang agenda sosialisasi daftar calon anggota legislatif sementara (DCS), 8 laporan masyarakat masuk ke KPUD Labuhanbatu dan sudah dua calon legislatif (caleg) yang mengundurkan diri.
“Ada 8 laporan masyarakat, tapi bentuknya surat kaleng karena tidak jelas identitas pelapor,” ungkap Ketua KPUD Labuhanbatu Suhari Pane SIP, Jumat (10/10), di kantornya. Dengan demikian, laporan dimaksud tidak bisa jadi pertimbangan KPUD mengklarifikasi caleg terlapor ke parpol bersangkutan.
Selain itu, sejak DCS, sudah dua caleg yang mengundurkan diri. Seorang di antaranya, kata Suhari, beralasan diterima sebagai pegawai honorer di jajaran Pemkab Mandailing Natal.
Meski Muhammadung Nuh caleg Hanura Dapem Labuhanbatu II tidak menerangkan alasan pengunduran dirinya, namun di atas kertas bermaterai, warga Desa Teluk Rampah, Kecamatan Torgamba Labuhanbatu, itu sejak (26/9) lalu menyatakan pengunduran dirinya sebagai caleg.
Caleg Maradona Harahap warga Jalan Bhayangkara Rantauprapat dari Partai Patriot untuk Dapem Labuhanbatu I, melalui surat pernyataannya ke KPUD, 4 0ktober telah resmi keluar dari parpol dan mengundurkan diri sebagai caleg.
Selain caleg yang mengundurkan diri, katanya, Maratulis dari Partai Patriot dinyatakan batal sebagai caleg karena yang bersangkutan telah meninggal dunia.
Katanya, untuk menggantikan posisi caleg yang mengundurkan diri dan batal, KPUD akan menyerahkannya sesuai mekanisme dan aturan internal parpol terkait.
“Terserah partai masing-masing, apakah memasukkan calon dari luar lainnya atau menaikkan posisi caleg dari bawah,” ujarnya.
Tapi, paparnya, untuk Maratulis, tambah dia, sesuai informasi yang diperolehnya dari pihak Partai Patriot, tidak akan ada penggantian dari luar. Sehingga, secara sendirinya calon nomor dua akan menggantikan posisi nomor 1.
“Namun, bila tidak digantikan oleh pihak parpol. Dalam artian pihak parpol tidak mengusulkan penggantinya, maka calon dari nomor bawah akan naik,” tukasnya.
Meski demikian, pihaknya mengharapkan seluruh parpol yang memiliki caleg batal dan mengundurkan diri, untuk secepatnya mengajukan usulan pergantian untuk mengisi posisi kosong.
“Diharapkan secepatnya disampaikan ke KPUD, karena tanggal 31 Oktober 2008 mendatang, sudah memasuki agenda pengumuman Daftar Calon Tetap (DCT),” tegasnya.
Sebelumnya, pihaknya telah membatalkan dua nama caleg yang terindikasi tidak memenuhi syarat sebagai caleg, khususnya dari faktor usia yang belum memenuhi syarat.
Sejak Kamis (9/10), katanya, KPUD Labuhanbatu telah rampung menyelesaikan tahapan kesempatan kepada masyarakat untuk memberikan masukan terkait DCS. Dari tahapan itu, pihaknya menerima surat kaleng dari masyarakat. Tapi, karena kurang akurat dan otentik tidak dapat ditindaklanjuti,” ujarnya.
KPUD, katanya, memperpanjang masa DCS hingga tanggal 14 Oktober 2008 dan daftar calon anggota legislatif tetap (DCT) akan diumumkan 31 Oktober 2008. (S25/v)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: