Pangdam: Percepat Roda Pembangunan

Pembukaan TMMD ke 81

Image

Program TMMD (Tentara Nasional Indonesia TNI Manunggal Masuk Desa), merupakan satu upaya membantu mempercepat akselerasi pembangunan di daerah. Selain itu, juga bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta memantapkan wawasan kebangsaan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Sehingga, terwujudlah ketahanan wilayah yang tangguh dalam menghadapi berbagai bentuk ancaman, gangguan, hambatan dan tantangan.

Demikian hal ini diungkapkan Pangdam I/BB Mayor Jenderal Markus Kusnowo dalam amanat tertulisnya yang dibacakan Danrem 022/PT Kolonel ARM Agus Sularso pada acara Pembukaan TMMD ke 81 Kabupaten Labuhan Batu, Jum’at (10/10) di Desa Sei Apung Kecamatan Kualuh Hilir.

Menurut Pangdam, kegiatan TMMD memang belum sepenuhnya dapat menjangkau ke seluruh pedesaan di wilayah Kodam I Bukit Barisan. Mengingat, segala keterbatasan serta kondisi ekonomi bangsa Indonesia yang sampai saat ini masih belum pulih sepenuhnya.

“Saya berharap kegiatan TMMD ke 81 dan TMMD Imbangan Tahun Anggaran 2008 dapat dilaksanakan secara maksimal, sehingga dapat memberikan hasil yang optimal untuk membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” jelas Pangdam.

Sementra itu Bupati Labuhan Batu HT Milwan, pada pembukaan TMMD yang berlokasi di Desa Sei Apung Kecamatan Kualuhhilir dan Desa Teluk Pulai, dalam Kecamatan Kualuh Ledong menjelaskan, bahwa sebagian besar wilayah Kecamatan Kualuh Ledong sulit dijangkau dengan kenderaan bermotor roda empat bahkan pada musim penghujan, kenderaan roda dua pun mengalami hambatan untuk melintas. Hal ini tak lain karena prasarana jalan yang ada berlumpur dan licin.

“Kondisi tersebut menyebabkan potensi daerah ini cukup besar pada sektor pertanian dan perikanan yang tidak dapat dikelola secara optimal. Sehingga, ekonomi di wilayah ini berkembang relatif lebih lambat dari kawasan lainnya, disamping itu pelayanan umum belum dapat sepenuhnya dinikmati oleh masyarakat. Untuk itu tidaklah berlebihan apabila pemerintah dan Masyarakat Labuhan Batu khususnya masyarakat di sekitar lokasi program ini merasa berbahagia, dan bersyukur dengan dilaksanakannya program TMMD yang sasaran utamanya adalah rehabilitasi dan peningkatan jalan di wilayah ini,” ujar Milwan.

Dandim 0209/LB Letkol CZI Ferry Kistiana Arubinata, dalam laporannya mengatakan, kegiatan TMMD ke 81 di Kabupaten Labuhan Batu akan berlangsung selama 21 hari dari 10 – 30 Oktober 2008 mendatang, Kodim katanya akan menurunkan personilnya sebanyak 100 orang, Yon Zipur I Medan 30 orang, Batalyon Yonif 126/KC sebanyak 1 SST, ditambah bantuan personil dari PNS dan warga masyarakat. (FDH/rel)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: