Kejaksaan Nyatakan Korupsi Dinas Pasar Kabur

LSM: Itu Mengada-ngada


Kejaksaan Rantau Prapat tampaknya mulai melemah untuk bisa memperkuat jeratannya menyelesaikan kasus korupsi Dinas Pasar. Betapa tidak, selama kurang lebih tiga bulan penyidikan dilakukan, kini akhirnya Kejaksaan mengaku belum bisa meneruskan kasus korupsi uang sewa 72 unit rumah toko (ruko) milik Pemkab Labunan Batu itu.

Kasi Intel Kejari Rantau Prapat Novhan Siregar SH, kepada METRO melalui ponsel Senin (13/10) mengatakan, hingga kini belum ada perkembangan dalam penyidikan kasus dugaan korupsi di Dinas Pasar itu. ” Masih belum ada perkembangan,” katanya.

Menurut Novhan, sampai kini kasus tersebut masih terus menjadi pembahasan di Internal Kejari Rantau Prapat. Namun menurut Novhan, dalam kasus itu tidak lagi terdapat kerugian negara, dikarenakan Bendahara Dinas Pasar telah mengembalikan kerugian negara dari sewa ruko tersebut ke Bank Sumut sebesar Rp168 juta. “Tapi Penyidikan masih terus berjalan. Kasus itu masih dalam pembahasan karena kerugian negara sudah tak ada lagi. Sudah disetorkan,” katanya

Sementara itu Ketua LSM Parliament Watch Indonesia (PWI) Labuhan Batu Hermayandi Basuki Siagian menilai, pernyataan Novhan salah besar. Menurutnya, pengembalian uang hasil dugaan korupsi kepada negara tidak menghapus perbuatan yang telah terjadi. “Jaksa sebaiknya membaca UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang tindak pidana korupsi, di mana di sana disebutkan bahwa pengembalian uang kerugian negara tidak menghapus pidana,” ujarnya

Masih kata dia, laporan dugaan korupsi tersebut merupakan laporannya dan beberapa LSM yang tergabung dalam Aliansi Masyarakat Labuhan Batu (AMAL). Namun ia mengherankan, Kejari selaku penyidik sama sekali belum pernah meminta atau memeriksa pelapor sebagai saksi dalam kasus itu. “Saya merasa heran dengan Kinerja Kajari yang sekarang ini. Kenapa kami sebagai pelapor dugaan korupsi belum pernah dimintai keterangan, ada apa ini?” katanya bertanya. (ast)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: