Seminar dan MLL LDN Labuhan Batu Sukses

Image

Seminar dan Musyawarah Lengkap Lembaga (MLL) Lembaga Batak Toba Dalihan Na Tolu (LDN) Labuhan Batu ke-3, yang digelar Sabtu (11/10) di Gedung Nasional Rantau Prapat berjalan sukses. Acara juga dibarengi dengan pemilihan pimpinan lembaga yang dimenangkan Ir Maju Manurung.

Pimpinan yang dalam jabatannya sebagai Ketua Umum dari 3 kandidat yang ada dinyatakan menang mutlak setelah memeroleh 54 suara dari 70 suara sah. Maju Manurung yang juga kepala dinas di salahsatu SKPD Pemkab Labuhan Batu, meninggalkan jauh perolehan suara dari rivalnya Marisi Ulises Hasibuan SH, yang hanya mampu memeroleh 10 suara dan Romiduk Sitompul SH yang hanya mendapat 6 suara.

Sebelumnya disepekati, para calon diusulkan sedikitnya 5 suara. yang berhak memberikan suara adalah punguan (kumpulan) marga Batak Toba dari Rantau Prapat, Rantau Utara, dan Rantau Selatan, serta perwakilan kecamatan, 1 suara untuk 1 punguan marga.

Namun pada sesi pemilihan Ketua LDN Labuhan Batu untuk masa jabatan 2008-2013, baru saja dibuka pimpinan sidang yang diketuai Drs BJ Lumbangaol saat itu, muncul 5 nama dari 80 punguan marga peserta musyawarah lengkap tersebut. Dua nama tidak dapat ikut bertarung karena hanya diusulkan kurang dari 5 punguan marga peserta musyawarah.

Masalah suara kumpulan marga sempat menjadi perdebatan antara peserta dengan pimpinan siding. Karena marga yang sama ada di Kecamatan Rantau Utara dan Rantau

Selatan. Misalnya, punguan marga Simanjuntak ada di Rantau Utara dan ada juga di Rantau Selatan. Namun karena telah disepakati 1 punguan marga 1 suara dalam agenda MLL LDN, itu akhirnya perdebatan diredam dengan mengambil kesepakatan bersama.

Ketiga kandidat yang berhak dipilih, lalu menyampaikan visi dan misi masing-masing dalam memimpin LDN Labuhan Batu 5 tahun ke depan. Visi dan Misi

disampaikan dalam bahasa Batak Toba, namun kandidat juga minta maaf kepada para peserta untuk bisa menyampaikan dalam bahasa Indonesia. Penyampaian visi misi itu pun berjalan mulus. Visi misi ketiga kandidat mendapat aplus dari para peserta.

Ketua terpilih Ir Maju Manurung dalam visi misinya mengatakan, harus bergandengan tangan membesarkan LDN Labuhan Batu, membuka akses dengan etnis lain dan pemda. LDN, katanya, harus turut serta membangun Labuhan Batu serta menjaga keamanan. Perlu keterbukaan dan transparansi serta bila tidak mampu, Manurung berjanji akan mengundurkan diri sebelum jabatannya berakhir.

Setelah Maju Manurung terpilih, dewan pelindung LDN yang adalah muspida plus, penasihat dari seluruh perwakilan marga, di antaranya; Walden Hutagalung, J Limbong, S Pasaribu, B Simangunsong, G Silalahi, PT Napitupulu, RA Sianipar. Ketua Umum Ir

Maju Manurung dalam menjalankan tugas juga dibantu sejumlah ketua, di antaranya

ketua I Drs BJ Lumbangaol, Sekretaris AG Manik SH, Bandahara RB Sianturi, dilengkapi pengurus dan seksi-seksi.

Kordinator Seksi Organisasi A Sitanggang SE, Kordinator Seksi Paradaton K Panjaitan, Kordinator Seksi Seni Budaya Drs G Situmorang, Kordinator Seksi Sosial St B Sitorus, Kordinator Seksi Usaha dan Koperasi J Butarbutar SE, Kordinator Seksi Pendidikan R Siadari, Kordinator Seksi Bantuan Hukum dan Advokasi B Panjaitan SH MHum, Kordinator Seksi Genarasi Muda

Marisi Hasibuan SH dan Kordinator Seksi Wanita Ny K Siahaan br Lumbantobing.

Seminar MLL LDN sendiri diawali dengan membedah materi; Meningkatkan Peran Lembaga Batak Toba Dalihan Na Tolu dalam Tanggungjawab Internal Maupun Akses Eksternal. Pembicara yang memandu seminar saat itu Pdt STP Siahaan STh MBA, Praeses HKBP

Distrik XXVI Labuhan Batu. Seminar itu mendapat tanggapan positif dari para peserta.

Bupati Labuhan Batu HT Milwan dalam sambutannya yang dibacakan Plt Sekdakab Drs Karlos Siahaan, secara khusus menyampaikan terimakasih pada pendiri LDN yang telah dapat mempersatukan etnis Batak Toba dan kerukunan di antara etnis lainnya. Serta turut berpartisipasi mendukung pembangunan di Kabupaten Labuhan Batu. Bupati mengajak seluruh pengurus LDN dengan tidak menjadikan forum ini semata-mata hanya sebagai acara seremonial belaka, akan tetapi yang lebih penting dan utama menjadikan sebagai wahana komunikasi yang demokratis sebagaimana falsafah “Dalihan Na Tolu”. (Zul)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: