Lelang Proyek Diundur, Rekanan Berang

Lelang proyek yang sejatinya memasuki tahap penawaran di Dinas Permukiman dan Prasaranan Daerah (Kimprasda) Labuhan Batu, Selasa (14/10) terpaksa diundur. Hal ini jelas saja memicu kekecewaan di kalangan rekanan. Pengunduran jadwal penawaran disebabkan Ketua Panitia lelang Ir Julius, berikut sekretarisnya mengundurkan diri.

Pengunduran diri keduanya diketahui setelah adanya pengumuman ditempel di dinding pintu masuk Dinas Kimprasda.         Dalam pengumuman yang ditandatangani Pjs Kepala Dinas Kimprasda Mahini Rijal ST bernomor: 800/1086/DPPD/2008, itu tertulis pada tanggal 13 Oktober 2008 lalu, ketua panitia dan sekretarisnya bermohon mengundurkan diri dari kepanitiaan lelang.

Dalam surat itu dijelaskan juga, proses pembukaan nilai penawaran paket proyek yang telah dimasukkan rekanan/ kontraktor terpaksa diundur hingga waktu yang tidak ditentukan sampai dengan terbentuknya kepanitiaan baru.

Selang beberapa menit pengumuman itu dipajangkan, ratusan rekanan yang sedari pagi telah duduk masing-masing berkelompok yang seyogyanya akan menghadiri undangan untuk pembukaan penawaran, kontan ricuh. Salahseorang kontraktor menghawatirkan, hal itu bisa memicu kerusuhan. “Kalau begini caranya, bisa-bisa kantor ini kena bakar,” ujar salah seorang rekanan/kontraktor itu.

Sementra itu Yosef, Ketua Gabungan Pengusaha Konstruksi Indonesia (Gapeksindo) Cabang Labuhan Batu, menyesalkan pengunduran diri panitia yang dinilainya mendadak tersebut, karena tanpa alasan yang jelas. Padahal, sebelumnya panitia sempat berjanji akan membuka dokumen penawaran.

Pjs Kepala Dinas Kimprasda Pemkab Labuhan Batu Mahini Rijal ST, serta Ketua Panitia Lelang Ir Julius, ketika  konfirmasi melalui handphone maupun via pesan singkat, juga tidak bersedia memberikan komentar.

sebelumnya diketahui, dari 351 paket proyek hanya 204 yang masuk penawaran. Sedangkan 147 paket proyek khususnya di bidang Jalan dan Jembatan (JJ), tidak masuk dalam penawaran. Dijadwalkan Senin (13/10), pembukaan dokumen penawaran akan dilakukan. Tapi ternyata, panitia juga mengagalkan janjinya. (Zul)

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: