Satpol PP Harus Profesional

Image

.


Dalam menegakkan peratudan daerah (perda) dan keputusan kepala daerah, seluruh anggota Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) harus berbuat dan bersikap profesional di lapangan. Apalagi khusus saat menghadapi masyarakat umum secara langsung. Hal ini disampaikan Plt Sekdakab Labuhan Batu Karlos Siahaan ketika membuka Diklat Kerjasama Pengembangan Kemampuan aparat Satpol PP di Aula Kantor Praja Wibawa itu, Selasa (14/10).

Lebih lanjut dikatakannya, anggota Satpol PP dalam menjalankan tugas tidak dengan cara pendek dan gampang, seperti memaksa dan menggunakan kekerasan. Akan tetapi, bersedia mendengarkan dan mencari hakikat permasalahan masyarakat atau dengan kata lain, berusaha sedapat mungkin menghindari penggunaan kekerasan terbuka kepada cara-cara yang berkemanusiaan.

“Saat ini kita patut bersyukur karena penyelenggara ketertiban umum dan ketentraman masyarakat di Kabupaten Labuhan Batu secara umum berjalan dengan baik dan menggembirakan. Tindak kekerasan fisik tidak terjadi dan faktor untuk memicu konflik dapat dikenali dan diselesaikan dengan baik. Hal ini berarti kemampuan melakukan deteksi dan penanganan dini sudah memperlihatkan kemajuan yang berarti dan hal ini tidak terlepas dari peran aktif Satuan Polisi Pamong Praja dan unit kerja terkait,” jelasnya.

Pada kesempatan itu Karlos juga menekankan, anggota Satpol PP agar meningkatkan tugas dan pengabdiannya dalam menyukseskan kebijakan pemerintah dan pemerintah daerah dalam penyelenggaraan ketentraman, ketertiban, dan keamanan masyarakat secara arif dan bijaksana.

H Yusfan, selaku ketua penyelenggara diklat menjelaskan, diklat dilaksanakan selama 3 hari dari sejak tanggal 14 hingga 16 Oktober 2008, dengan peserta sebanyak 51 orang terdiri dari 41 orang Satpol PP kabupaten, 10 orang dari Satpol PP kecamatan, di antaranya 1 orang dari Kecamatan Rantau Utara, 2 orang dari Bilah Barat, 1 orang dari Bilah Hulu, 2 orang dari Kualuh Hilir, 1 orang dari Kualuh Selatan, 1 orang dari Panai Hilir, dan 2 orang dari Kecamatan Bilah Hilir. Sementara tenaga pengajar sebanyak 6 orang berasal Provinsi Sumatera Utara, Polres, Kodim, Kejaksaan dan dari Sekretariat Pemkab Labuhan Batu.

Lebih lanjut Yusfan mengatakan, Tujuan Diklat Kerjasma Pengembangan Kemampuan Aparat Satpol PP dengan TNI/Polri dan Kejaksaan, ini adalah untuk meningkatkan motivasi kerja dan menumbuhkan rasa tanggungjawab anggota Satuan Polisi Pamong Praja dalam melaksanakan tugas. Sekaligus, untuk dapat menciptakan kondisi yang tertib, aman, dan kondusif dalam rangka mensukseskan Pemilu Tahun 2009.

Turut hadir dalam pembukaan diklat ini, Kakan Satpol PP Drs H Sarbaini, Kabag Bina Mitra Polres Labuhan Batu Kompol Nirwanto, Kadis Perindag Darpinsyah SH, dan Erning Kosasih SH dari Kejaksaan Negeri Rantau Prapat. (FDH/rel)

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: