Diduga Curang, Ketua Panitia Pilkades Dipolisikan

Diduga melakukan kecurangan dalam menyelenggarakan tahapan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di Desa Siamporik Kecamatan Kualuh Selatan Kabupaten Labuhan Batu pada (26/05) lalu, Ketua Panitia Pilakades Jabandingan Naibaho dilaporkan Balen Pasaribu, salahsatu calon kades ke polisi.

Menurut Balen, dirinya terpaksa menempuh jalur hukum, tak lain karena  dalam penyelengaraan Pilkades di Desa Siamporik pada(26/05) lalu  diduga ada terjadi Kecurangan dalam tahapan pilkades, yang merugikan pihaknya selaku calon. “Sesuai data kecurangan yang didapatkan oleh tim kami antara lain para undangan ada yang tidak diperbolehkan memberikan hak pilihnya dalam pilkades itu, padahal namanya sudah dicantumkan sebagai daftar pemilih,” kata Balen.

Kemudian surat undangan yang diterima pemilih ada yang doble (ganda). “Masa sudah menyucuk calon di dalam bilik suara dia (tersangka red) dapat undangan untuk memilih lagi,” kata Balen seraya mengatakan bukti lain juga telah diserahkan ke polisi. Termasuk surat undangan kosong dan surat suara kosong yang diberikan kepada warga lalu diam-diam dicoblos.

Yang paling patal lagi kesalahan panitia kata Balen, nekat membatalkan surat suara dicucuk tembus oleh pemilih. Padahal dalam pemilihan di tempat lain, surat suara yang di cucuk warga tembus sampai ke belakang tidak batal asalkan tidak merusak gambar para calon lainnya. Namun pada Pilkades di Siamporik, suarat suara di cucuk tembus, sewaku mencoblos dalam bilik suara dibatalkan panitia dan itu sangat merugikan pihaknya selaku peroleh suara urutan kedua. Apalagi, selisih perolehan suaranya dengan pemenang sangat tipis.

Untuk diketahui, dalam pemilihan Pilkades Siamporik Kecamatan Kualuh Selatan tanggal (26/05) lalu, ada lima calon mengikuti pemilihan. Sahrul Naibaho, Ali Ahmad Hsibuan, Balen Pasaribu, Aswin Butar- Butar, dan Sahat Maruli Sianipar. Pemilihan itu dimenangkan oleh Sahat Maruli Sianipar, dan disusul kepala desa lama Balen Pasaribu dengan selisih kemenagan tipis. Dan dalam pembacaan surat suara, hampir separuh dari jumlah surat suara pemilih waktu itu dibatalkan panitia. (Put)

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: