Kades Jadi Caleg, Harus Izin Bupati

Jumlah Daftar calon tetap di Labuhanbatu masih belum final. Saat ini masih dalam proses pemberkasan dalam tahapan Daftar Calon Sementara (DCS). Sampai saat ini, dari 1.093 yang terdaftar jadi caleg, tiga orang di antaranya dinyatakan batal/gagal. Yakni dua orang mengundurkan diri dari pencalonan. Akibatnya, terjadi perubahan database di tingkat KPUD Labuhanbatu.

Selain itu, salahseorang Caleg lainnya masih dipertanyakan statusnya karena statusnya adalah kepla desa (kades). Soalnya, pencalonan dirinya juga belum mendapatkan ijin dari kepala daerah setempat. Akhyar Simbolon Caleg di Dapem I dari salahsatu Parpol peserta Pemilu itu masih aktif sebagai Kades Desa Janji kecamatan Bilah Barat Labuhanbatu.

Pasalnya, sesuai ketentuan berlaku, pencalonan diri seorang Kades mesti medapatkan ijin dari Bupati setempat. “Kita masih menunggu pilihan bersangkutan. Apakah ingin menjadi Caleg atau tetap sebagai Kades,” beber ketua KPUD Labuhanbatu Suheri Pane kemaren.

Akibatnya, tambahnya, pihaknya masih menunggu keputusan Bacaleg tersebut sebelum dilakukan penyusunan final DCT. Sebab, dalam penyusunan itu, ujarnya sudah hampir final. “Ya, tinggal menunggu hasil pilihan Kades tersebut. Sebab, Kades mesti mendapatkan ijin dari bupati,” tandasnya.

Ketua KPUD Labuhanbatu Suheri Pane, mengatakan, kalau pihak Parpol pengusung para Caleg juga tidak melakukan penggantiaannya. “Tidak ada yang menggantikan. Parpol tidak ada mengusulkan nama lain,” jelasnya.

Sesuai mekanisme apabila ada yang mengundurkan diri, untuk menempati posisi nomor urut kosong itu, dilakukan pengisian nama caleg di bawahnya. Dan, dalam pengumuman DCT hal itu akan dilakukan. “Menggatikan posisi itu adalah calon di bawahnya,” imbuhnya. (FDH)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: