Lelang Proyek Dinas Pendidikan Langgar Peraturan

Lelang proyek fisik serta pengadaan barang di Dinas Pendidikan Labuhan Batu yang telah diawali dengan pelaksanaan aanwizjing (pemberian penjelasan red), Sabtu (18/10), dinilai melanggar peraturan pemerintah (PP) nomor 58 Tahun 2005 tentang Pengelolaan Keuangan Daerah.

Sebab jadwal lamanya pelaksanaan pekerjaan yang diproyeksikan oleh panitia lelang  kepada rekanan dan telah disepakati dalam aanwizjing di Kantor Dinas Pendidikan selama 180 hari sejak penandatangan kontrak.

Sementara sesuai jadwal pelelangan umum yang diterbitkan panitia tanggal 8 Oktober 2008, dan ditandatangani Ketua Janri Siregar dan Sekretaris Jusman Harahap, jadwal penandatangan kontrak proyek adalah tanggal 27 November 2008. Sehingga  dipastikan, proyek akan selesai setelah batas tahun anggaran tanggal 31 Desember 2008.

Dalam PP 58 Tahun 2005, pengganti PP nomor 105 Tahun 2000 tentang Pengelolaan Keuangan Daerah pada Pasal 29 disebutkan “Tahun anggaran APBD meliputi masa 1 (satu) tahun mulai tanggal 1 Januari hingga 31 Desember tahun berjalan”.

Demikian dikemukakan Ketua DPC Parliament Watch Indonesia (PWI) Labuhan Batu, Hermayandi Basuki Siagian kepada Sabtu (18/10), usai pelaksanaan aanwijzing proyek Dinas Pendidikan. “Sudah terangkum di PP 58 Tahun 2005 batas berjalannya tahun anggaran,” katanya

Senada dengan Siagian, Ketua BPK-DPPNI Labuhan Batu Armansyah Siregar mengatakan, panitia lelang seharusnya tidak memaksakan pekerjaan proyek Dinas Pendidikan akan diselesaikan melampaui batas tahun anggaran sebagaimana dituangkan dalam PP 58 Tahun 2005. Sebab jika dipaksakan, maka proyek tersebut cacat hukum dan tidak dapat dibayarkan pada tahun anggaran berikutnya.

Karena, kata dia pada pasal 20 PP tersebut juga disebutkan, APBD terdiri dari pendapatan daerah, belanja daerah dan pembiayaan daerah. Sehingga tiga unsur tersebur harus diselesaikan pada tahun anggaran berjalan.

“Dalam pasal 20 kan jelas, APBD salahsatunya terdiri dari belanja daerah, sementara pada pasal 19 disebutkan, masa tahun anggaran sejak tanggal 1 Januari hingga 31 Desember. Jadi dana tahun 2008 hanya boleh dibelanjakan pada tahun 2008. Jika proyek Tahun 2008 dibayar Tahun 2009, itu sudah bertentangan dengan PP dan sudah dikategorikan korupsi ” jelas Arman.

Arman juga menyoroti ketidaksiapa panitia lelang saat melakukan aanwizjing. Dalam aanwizjing kata dia, ketidaksiapan itu antara lain; panitia belum menyiapkan gambar acuan kerja yang telah disesuaikan dengan perubahan eskalasi harga akibat kenaikan harga BBM. Kemudian, di dalam dokumen lelang berisi penjelasan yang salah dan terbalik. Pada dokumen lelang untuk proyek fisik, dokumennya bermaterikan pengadaan. Sedangkan pada dokumen pengadaan materinya berisi proyek fisik.

Tidak hanya itu, pada paket pengadaan komputer, dalam dokumen lelang panitia tidak menjelaskan spesifikasi komputer yang akan diadakan oleh rekanan yang mengikuti proses lelang. “Jadi jelas mereka tidak siap melaksanakan proses lelang proyek Dinas Pendidikan. Kalau saya bilang, SDM nya lemah, dan panitia asal comot. Mungkin sudah terbiasa dengan sistem tender akal-akalan,” kelakar Arman.

H. Saiful salahseorang rekanan yang mengikuti proses lelang juga mengakui ketidaksiapan panitia lelang Dinas Pendidikan. Ia merasa panitia memaksa mereka bekerja melanggar peraturan yang berlaku dengan menetapkan masa kerja selama 180 hari. “Saya tanya, kalau nanti proyek siap Tahun 2009, apakah dibayar pekerjaan rekanan. Jika dibayar siapa yang membayar. Apakah panitia berani menjamin? Tapi meraka diam dan berkata, yang ada sama kami inilah pak,” katanya menirukan ucapan panitia.

Sementara itu Ketua Panitia lelang Janri, saat ingin dikonfirmasi sejumlah wartawan usai kegiatan aanwijzing menolak memberikan keterangan.”Natilah ya pak” katanya sambil bergegas cabut. (ast).

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: