Harga Anjlok, Petani Terancam Kredit Macet

Dalam kurun waktu sebulan terakhir, nilai jual tandan buah segar (TBS) kelapa sawit mengalami penurunan drastis. Akibatnya, masyarakat terancam memenuhi kebutuhan hidup bahkan terancam kredit macet.

“Bulan September harga masih Rp 1.800 per kg, tapi di bulan Oktober harga anjlok menjadi Rp150 per kg. Anjloknya harga ini menimbulkan lemahnya daya beli masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pokok. Dan, ini juga dikhawatirkan menimbulkan kredit macet,” papar Efendi Panjaitan Direktur Eksekutif Lembaga Studi dan Advokasi Kebijakan (Elsaka), kemarin.
Bukan hanya petani sawit, petani perkebunan karet juga menurut Efendi terancam mengalami hal serupa. Sebab, kata Panjaitan, nilai jual karet di pasaran juga mengalami nasib yang sama. Kalau sebelumnya, harga getah mencapai Rp 9.000 per kg kini hanya tinggal Rp 3.000 per kg. Akibatnya, petani semakin sulit memberikan perawatan kepada tanamannya.
Diprediksinya, jika hal ini tetap bertahan dalam kurun waktu dua hingga tiga bulan mendatang, akan banyak anak-anak petani yang mengalami gagal dan putus sekolah. “Selain itu, akan banyak terjadi ledakan pengangguran di daerah ini yang akhirnya dapat berakibat meningkatnya tingkat kriminalitas,” ujarnya.
Ketua Pemuda Bulan Bintang (PBB) Labuhanbatu Anshari, di Rantauprapat juga mengakui keprihatinan serupa yang menimpa kalangan petani perkebunan. Karenanya, kata Anshari, pihaknya mendesak pemerintah agar menjelaskan kepada masyarakat penyebab terjadinya penurunan harga komoditas itu.
“Apakah murni karena faktor kondisi ekonomi global atau adanya permainan spekulan eksportir CPO dalam meraup keuntungan besar, dengan mengorbankan petani kebanyakan,” paparnya.
Pemerintah juga, katanya mesti mengambil langkah konkrit untuk mendongkrak harga komoditas kelapa sawit dan karet seperti penurunan pajak ekspor. Selain itu, pemerintah juga harus memberi kemudahan ekspor terhadap kedua komoditas tersebut serta menghapus pungli dan memberikan birokrasi yang efisien.(MB)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: