Komisi Proyek Ancam Milwan ke Penjara

Jika terbukti meminta fee proyek dari mantan Ketua DPP Ikatan Pemuda Karya (IPK) Labuhan Batu Freddy Simangunsong, maka Bupati Labuhan Batu HT Milwan terancam dipenjara. Sebab Undang-undang (UU) nomor 5 Tahun 1999 tentang Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU), telah mengatur hal itu. Demikian dijelaskan praktisi hukum Harris Nixxon Tambunan SH, Kamis (23/10).
“Diharapkan, Freddy tidak hanya membeberkan masalah ini ke media. Akan lebih baik jika dilaporkan ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), sehingga bisa diproses secara hukum. Jikalau benar bupati menerima fee proyek dari rekanan dan dapat pula dibuktikan sesuai hukum, maka UU nomor 5 Tahun 1999 tentang KPPU akan siap menjeratnya. Bupati juga bisa terancam penjara,” tegas Harris.
Sesuai pengakuan Fredy, kewajiban atau beban pemberian fee proyek yang dikenakan terhadap rekanan telah berlangsung bertahun-tahun. Pada Tahun 2006, Freddy sendiri menjadi korban pemalakan atas proyek Rp11 miliar dengan berkedok fee. Saat itu, Freddy mengaku menyetorkan fee tersebut sebesar Rp900 juta. Begitu juga pada tahun berikutnya, Freddy yang kembali mendapatkan paket senilai Rp24 miliar, diwajibkan menyetorkan fee sebesar Rp1,8 miliar.
Harris memperkirakan, akibat adanya kewajiban membayar fee seperti diungkapkan Fredy, Negara jelas dirugikan miliaran rupiah. ”Jelas saja Negara dirugikan dalam hal ini. Saya perkirakan kerugian yang harus ditanggung negara mencapai miliaran rupaih,” kata Harris lagi.
Sementara itu anggota DPRD Labuhan Batu Sarifuddin Tanjung menambahkan, jika Freddy tidak melaporkan kasus itu ke KPPU dan KPK, maka dia sebagai anggota dewan akan melaporkannya sendiri. Menurutnya, sebagai wakil rakyat, ia berkewajiban untuk membela kepentingan rakyat. ”Jika tak dilaporkan, saya yang akan melaporkannya ke KPK dan KPPU,” tegasnya. (Zul)

Iklan

Satu Tanggapan

  1. mana LSM … kok tak bertindak… oiya aku udah attach berita ini ke email KPK: pengaduan@kpk.go.id, mudah-mudahan ada tanggapan.. kasihan uang rakyat hilang entah kemana..

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: