HGU belum diterbitkan

Perjalanan Komisi A DPRD Sumatera Utara  ke lahan sengketa PT. Umbul Mas Wisessa (PT.UMW) di Kec. Kampung  Rakyat dan Kec. Panai Tengah Labuhan Batu, Kamis (23/10) terlihat  banyak keganjilan yang sepertinya sengaja ‘disetting’ untuk  memuluskan hajat perusahaan.

Sepuluh anggota dewan  itu setelah melalui rute  perjalanan yang panjang dari Medan ke base camp PT.UMW  didampingi Direktur PT.UMW Budiman, General Manager Justin A  Surbakti selepas turun dari boat disambut ratusan masyarakat dari  Desa Tanjung Mulia, Kecamatan Kampung Rakyat. Semula diduga warga  akan memberikan orasi menolak kehadiran PT.UMW, ternyata  sebaliknya mereka memberikan dukungan penuh agar perusahaan itu memperoleh HGU.

“Wah, saya pikir masyarakat yang menyambut kita lawan perusahaan,  tetapi setelah makan bersama saya baru tau mereka pihak  perusahaan,” ujar anggota dewan, Ir.Sujarwono sambil tertawa.

Dalam pertemuan antara anggota Komisi A, pihak perusahaan dan  masyarakat di aula kantor PT.UMW, mewakili Kanwil BPN Sumut  Ridwan Kepala  Bidang Hak-hak Tanah mengatakan pihaknya  berprinsip sangat mendukung perusahaan agar cepat mendapatkan  haknya.

Namun masalah PT.UMW ini, BPN pusat sesuai surat tertanggal 6  Juni 2006 dan surat  28 Mei 2007 menyurati Kanwil BPN Sumut yang  intinya menyampaikan informasi bahwa di areal  lahan PT.UMW  masih terdapat sengketa tanah dengan masyarakat. Karena  permasalahan sengketa belum usai maka berkas perusahaan  dikembalikan, paparnya.

“Tuntaskan dulu permasalahan dengan masyarakat dan dibuat  berita acaranya jika tidak usulan HGU bisa tertahan,” katanya.

Mewakili Bupati Labuhan Batu, Kabag Pemerintahan, Hamzah,SH  menyampaikan, Bupati sudah memperpanjang ijin prinsip  PT.UMW dan sudah berakhir bulan Juni 2008. “Pemkab sangat  mendukung perusahaan yang berinvestasi di daerah ini, kita akan  terus bantu, ijin prinsip sudah diperpanjang walaupun sudah  habis masa berlakunya, silakanlah selesaikan dulu dengan  masyarakat,” ujar Hamzah.

General Manager Justin A. Surbakti memaparkan, Perusahaan Modal  Asing (PMA) asal Belgia ini sudah menyelesaikan ganti rugi  kepada masyarakat seluas 4.500 hektare, ijin lokasi yang  dikeluarkan Pemkab Labuhan Batu seluas 8.700 hektare.

Pihaknya sudah menanam sebagian areal tanaman kelapa sawit,  membangun badan jalan sepanjang 30 km. Menerima tenaga kerja  dari penduduk sekitar perusahaan dan akan berencana membangun  sekolah dan pelayanan kesehatan untuk masyarakat, paparnya.

Kepala Desa Tanjung Mulia, Kec. Kampung Rakyat Usman Hasibuan dan  mengaku Kepala Desa Sei Siarti, Kec. Panai Tengah Polin Siregar  senada mengatakan banyak bantuan yang sudah diterima warga dari  perusahaan. Menurut Usman, di Tanjung Mulia tidak ada masalah  lagi dengan masyarakat, semua lahan warga sudah diganti rugi.

Sedangkan yang mengaku Kepala Desa Siarti Polin Siregar  mengatakan, di desanya sekitar 200 hektare lagi belum  diselesaikan.

Padahal dalam catatan wartawan,Polin Siregar  adalah mantan Pjs Kepala Desa Sei Siarti. Pada tahun 2003,  diduga dia turut menjual tanah bersama Ketua BPD Hidayat dan  Camat Panai Tengah Hasnul Basri, BA seluas sekira 2.400 Ha kepada  Kelompok Tani Siarti Jaya yang saat ini masih berseteru dengan  PT.UMW.

Sementara Kelompok Tani Siarti Jaya yang ditemui di  Dusun III Desa Sei Siarti, Sekretaris Paber Butar-butar  meminta Komisi A DPRD Sumut untuk tetap komit  berpihak kepada rakyat yang tertindas. ” Kami berharap bapak  dewan yang terhormat tidak tergesa-gesa mengeluarkan rekomendasi  untuk percepatan izin  HGU PT.UMW, karena 2.400 hektare lahan  anggota dan 450 hektare lahan kelompok Haji Salim berada di lokasi  ijin prinsip PT.UMW,” katanya.

Kami tidak mau diganti rugi, karena lahan kami yang bertanam  kelapa sawit merupakan tumpuan harapan masa depan kami,  paparnya. ” Kami juga ingin hidup dari hasil produksi kelapa  sawit,” papar Paber Butar-butar sembari mengatakan permasalahan  sengketa lahan mereka sudah ada laporan pengaduanya ke BPN  Pusat.
(wir/a26)

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: