PKK Adalah Wadah Pembentukan Keluarga Mandiri

Dalam membentuk keluarga yang mendiri di tengah-tengah masyarakat, Pemberdayaan dan Kesejahteraan Kelurga (PKK), adalah wadah yang tepat untuk melakukannya.

Maka itu, PKK sebagai pendorong keberhasilan pembangunan pemerintah, harus bisa menjadi mitra kerja pemerintah terutama dalam hal meraih keberhasilan pembangunan daerah.

Demikian dikatakan Ketua Tim Penggerak PKK Labuhan Batu Hj Adlina T Milwan, Sabtu siang (25/10) saat ditemui di kediamannya Jalan Wr Soepratman Rantau Prapat. Masih kata dia, PKK adalah gerakan nasional yang tumbuh dari dan oleh masyarakat. Perempuan, sebagai motor penggeraknya untuk mewujudkan keluarga sejahtera, kuat, dan mandiri lahir bathin, yang dalam melaksanakan gerakan itu selalu berdampingan dengan pemerintah, baik itu dari Pemerintah Pusat, sampai ke Pemerintahan Desa/ kelurahan.

Menurut wanita yang tak pernah lelah menjalankan organisasi PKK di Labuhan Batu, ini bahwa di bawah kepemimpinannya PKK telah banyak berbuat dan akan berbuat lagi dengan tujuan meningkatkan taraf hidup keluarga. “Oleh karena itu, saya mengajak kita semua warga masyarakat Kabupaten Labuhan Batu khususnya anggota Tim Penggerak PKK, di semua tingkatan pemerintahan, mari dan gelorakan semangat gerakan PKK dalam membangun bangsa dan negara, khususnya Kabupaten Labuhan Batu yang kita cintai ini,” katanya.

Lebih lanjut dipaparkannya secara rinci tentang upaya-upaya yang dilakukan Tim Penggerak PKK Kabupaten Labuhan Batu, antara lain ialah melakukan pembinaan rutin setiap bulan dalam pertemuan bulanan PKK dan setiap tahun pada acara supervisi.

Dalam kepedulian sosial khususnya bagi keluarga pra sejahtera, setiap tahun memberikan sembako di 22 kecamatan yang pelaksanaannya bekerjasama dengan Tim Penggerak PKK Kecamatan. Selain itu, setiap Bulan Ramadan, Tim Penggerak PKK memberikan bantuan buka puasa kepada anak-anak yatim maupun piatu di tiga Panti Asuhan dalam wilayah Kota Rantau Prapat. Yakni; Panti Asuhan Al Arief Al Wasliyah Padang Matinggi, Panti Asuhan Putra dan Putri Muhammaddiyah Rantau Prapat.

Bahkan dalam meningkatkan taraf kesehatan masyarakat, Tim Penggerak PKK bersama pemerintah daerah berupaya melakukan revitalisasi posyandu, juga melakukan pelatihan bagi kader PKK yang bertugas di posyandu. Selain itu, melakukan bedah kampung bekerjasama dengan Pemkab Labuhan Batu di Desa Pasang Lela Kecamatan NA. IX-X, Desa Telaga Suka Kecamatan Panai Tengah, dan yang saat ini masih berjalan berada di Kelurahan Sei Brombang Kecamatan Panai Hilir.

Ketua PKK yang sosialis dan peduli dengan masyarakat miskin ini menambahkan, bahwa setiap Tahun Anggaran Tim Penggerak PKK Kabupaten Labuhan Batu memberikan bantuan modal usaha bagi kelompok UP2-PKK, yang dilakukan secara berkelompok maupun usaha simpan pinjam yang diprioritaskan di Desa Percontohan PKK, Desa Percontohan Jalan Protokol, dan Desa Menuju Wisata.

“Untuk meningkatkan pengetahuan keluarga binaan program terpadu Peningkatan Peran Wanita Menuju Keluarga Sehat Sejahtera (P2W-KSS), Tim Penggerak PKK melakukan latihan jahit menjahit setiap tahun diikuti 35 orang ibu-ibu anggota keluarga binaan,” jelas Adlina lagi.

Menurutnya, dalam melaksanakan gerakan PKK di Kabupaten Labuhan Batu, pihaknya telah mampu meraih berbagai keberhasilan dan prestasi. Seperti juara I tingkat Provinsi Sumatera Utara, yaitu Desa Terpadu P2W-KSS atas nama Desa Babusalam Kecamatan Marbau. Lalu juara I Desa Percontohan Menuju Lokasi Wisata Tingkat Provinsi Sumatera Utara atas nama Desa Batu Tunggal Kecamatan NA.IX-X. Kemudian, juara I Tingkat Kabupaten dan Juara II Tingkat Provinsi Sumatera Utara sebagai Desa Percontohan PKK, yaitu Desa Pangkalan Lunang Kecamatan Kualuh Ledong, dan banyak lagi keberhasilan lain yang telah diraih. (Zul)

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: