111 Calhaj Ditepungtawari

Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Putra Jawa Keturunan Sumatera (Pujakesuma) Labuhan Batu, menggelar tepung tawar (upa-upah) kepada 65 calon jemaah haji (calhaj) di kediaman ketua DPD H Sudarwanto, Minggu (26/10).

Selain upah-upah, para calon jemaah haji juga mendapat bingkisan tali kasih dari Ketua DPD Pujakesuma yang juga Wakil Bupati Labuhan Batu berikut istri ibu Hj Sabariah.

Dalam sambutannya Sudarwanto mengatakan, acara halal bil halal dan upah-upah calon jemaah haji ini dilakukan didasari semangat kebersamaan dan turut merasa gembira atas keberangkatan para calhaj.

Acara hari itu dilaksanakan dengan tradisi Jawa. “Hidangan dari tujuh tampah berisikan makanan dari hasil pertanian ini, menunjukkan tradisi Jawa. Tadisi ini dilakukan juga karena yang diupah-upah adalah orang Jawa,” jelas Sudarwanto lagi.

Sementara di Kecamatan Kecamatan Kualuh Selatan, sebanyak 45 calhaj juga ditepungtawari masyarakat. Turut pula hadir pada acara Camat

Kualuh Selatan Heri Wahyudi Marpaung SSTP. Pada kesempatan itu, Heri menyerahkan kain sarung kepada para calhaj sebagai ikatan tali asihnya.

Dalam kata sambutannya Heri berpesan pada tahun haji akan datang Ikatan Persatuan Haji Indonesia (IPHI) dapat membereangkatkan calon jemaah haji yang berasal dari keluarga kurang mampu. “Karena pada umumnya, para calon jemaah haji sekarang ini berasal dari kalangan ekonomi menengah ke atas sebutnya,” katanya.

Sementara itu kanitreskrim Iptu Agus Supriyono Mewakili Kapolsek Kualuh Hulu yang berhalangan hadir pada acara tepung tawar itu berpesan bagi jemaah haji yang berangkat agar tidak lupa menjaga barang barang bawaannya karena pada saat musim haji tiba, Kota Mekkah bagai lautan manusia yang berkumpul dari berbagai penjuru pelosok Negara. “Jadi jika calon haji lalai, hal itu dapat menyulitkan dirinya sendiri,” kata Agus. (FDH/Put/Zul)

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: