Warga Sumut di Perbatasan Dambakan Gedung Sekolah

Ribuan warga masyarakat Desa Sei Meranti, Kecamatan Torgamba, Kabupaten Labuhan Batu, saat ini mendambakan gedung Sekolah Dasar (SD) Negeri baru. Warga di daerah iu berharap kepada Pemkab Labuhanbatu mau mendengarkan keluhan mereka dan merealisasikannya.

Hal itu terungkap saat anggota Komisi A DPRD Sumut dari daerah pemilihan (dapil) Labuhanbatu, Ahmad Ikhyar Hasibuan, melakukan tatap muka langsung dengan masyarakat setempat Rabu (29/10).
Dalam siaran persnya kepada MedanBisnis, Minggu (2/11), Hasibuan menyebutkan hingga saat ini Pemkab Labuhanbatu tidak kunjung mewujudkan janji-janji pembangunan berbagai gedung sekolah yang diberikan kepada masyarakat beberapa waktu lalu.
Padahal untuk mewujudkan janji-janji Pemkab setempat, warga telah menyediakan lahan seluas satu hektar untuk pembangunan gedung sekolah. Dari informasi yang ia peroleh dari warga setempat, di desa itu sebenarnya ada sebuah sekolah yang dibangun secara swadaya oleh masyarakat pada 1996. Namun kondisi gedung sekolah itu kini sangat memprihatinkan.
“Kami sangat membutuhkan gedung sekolah, kami sangat ingin anak-anak kami punya tempat belajar. Gedung sekolah yang lama dibangun pada 1996 hasil swadaya masyarakat. Tapi sekarang kondisinya sudah tidak memungkinkan untuk dijadikan sekolah,” ujar warga setempat, Ibnu Maulana, saat berdialog dengan Hasibuan dalam kunjungan itu.

Desa Meranti, kata Ibnu, berbatasan langsung dengan Baganbatu, Riau. Dengan kondisi desa yang terpencil, tak heran mereka yang merupakan warga transmigran sangat membutuhkan sekolah negeri. Menurut Ibnu, masalah sekolah di desa yang berbatasan dengan daerah Bagan Batu, propinsi Riau tersebut, sangatlah menjadi persoalan yang pelik. Selama ini anak-anak mereka harus bersekolah ke sekolah yang ada di Baganbatu. “Pernah pada tahun 2006 datang tim dari Pemkab dan Dinas Pendidikan dan meminta kami untuk menyediakan lahan seluas 1 Ha. Kami setuju, tapi sampai sekarang tak ada realisasi janji mereka,” tambah Ibnu.(MB)

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: