Jadi Fotografer tanpa harus berpikir

<!–

news news

–> main

Lomografer terbentuk pertama kali oleh Matthias Fiegl dan Wolfgang Stranzinger yang berasal dari Vienna. Dua orang inilah yang berupaya keras mengenalkan kamera lomo ke publik hingga terbentuk sebuah klub pecinta lomo, The Lomographic Society (Lomographische Gesellschaft). Komunitas ini telah berkembang sampai ke Indonesia. Para pecinta lomo di Indonesia menyebut dirinya dengan sebutan lomonesia.

Lomo diambil dari nama perusahaan persenjataan dan optik, LOMO PLC di St. Petersburg, Rusia. Konon kabarnya kamera ini disebut sebagai kamera yang cacat. Namun ternyata kelemahan inilah yang akhirnya membuat lomo menjadi booming. Untuk pertama kalinya kamera yang dihasilkan adalah kamera kompakt automat atau lebih dikenal dengan LC-A (Lomo Compact Automat).

Hasil pencahayaan dan warna yang dihasilkan tidak bisa kita peroleh pada kamera digital. Terkadang muncul warna-warna yang tidak sama dengan gambar aslinya namun justru warna tersebut menjadi lebih menarik. Dalam kondisi pencahayaan yang normal bisa saja muncul warna merah, orange, biru dan tentunya distorsi warna ini membuat gambar terasa lebih unik. Misteri lain yang ada di kamera ini ketika kita mengambil satu kali take foto dapat menghasilkan empat frame. Memang sesuai dengan slogan dari lomografi , don’t think just shoot! Tidak perlu ambil pusing dengan hasil gambar, cukup fokus dengan apa yang ingin kita take.

Tertarik untuk bergabung dengan komunitas ini? Anda bisa bergabung di milis lomonesia@yahoogroups.com. Jangan takut dan ragu untuk bergabung karena lomografi tidak memperhitungkan segi teknis gambar. Lomografi lebih menekankan pada momen, bentuk gambar dan warna. Tidak terlalu penting apakah hasilnya buruk atau tidak karena komunitas ini mengutamakan keindahan. (awn/berbagaisumber)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: