Anggota DPRD Pilih Diam

Sikap kritis anggota DPRD Labuhanbatu tidak tampak dalam Sidang Paripurna Pengesahan Nota Laporan Pertanggungjawaban Keuangan (LPjK),Kamis (13/11) sore.

Dalam rapat paripurna itu, anggota DPRD sama sekali tidak menguraikan hasil temuan- temuan Dewan di lapangan saat melakukan peninjauan (reses) ataupun hasil telaahan laporan keuangan beberapa waktu lalu.Padahal, di Labuhanbatu ditengarai banyak proyek yang belum selesai bahkan pembangunannya tidak sesuai prosedur.

Pada rapat paripurna kali ini, DPRD Labuhanbatu serentak menyetujui nota LPj Keuangan tahun menjadi perda. Dewan hanya menyampaikan sejumlah catatan- catatan. Pantauan SINDO, jadwal sidang semula direncanakan pagi hari pukul 09.00 WIB mundur jadi pukul 14.30 WIB tanpa alasan yang jelas.

Padahal, saat itu seluruh Kepala SKPD,Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Labuhanbatu yang mewakili bupati dan anggota DPRD telah hadir Gedung Dewan. Hampir seluruh komisi dan fraksi setuju dengan nota LPJ keuangan Pemkab Labuhanbatu.

Wakil Ketua DPRD Labuhanbatu Zainal Harahap seusai paripurna mengatakan, rekomendasi DPRD adalah meminta perbaikan kepada pemkab. “Ini kan LKPj pelaksanaan keuangan dan sudah kita rekomendasikan sesuai prosedur. Ya,memang gitumekanismenya,” ujarnya.

Sekretaris LSM The Enteng Center (TEC) Jaffar Siddik menyayangkan sikap DPRD Labuhanbatu yang menggolkan nota LPj keuangan itu begitu saja. Dia menilai pembahasan dilakukan secara terburu-buru. “Saya menyayangkan sikap DPRD mengesahkan LPj Keuangan 2007 tanpa menguraikan temuan-temuan di lapangan,” tandasnya.

“Kami akan pertanyakan hal itu kepada DPRD,”tandas Jaffar. Sebelumnya diketahui, DPRD sempat mengembalikan LPj Keuangan Bupati Labuhanbatu karena tidak dibubuhi tanda tangan Bupati T Milwan. Bahkan Fraksi PDIP dan beberapa anggota Dewan lainnya meminta pemkab segera memperlihatkan hasil audit BPK tentang laporan keuangan 2007. (sartana nasution)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: