Panitia Lelang Diperiksa Polisi

Kepala Dinas Kimprasda Kabupaten Labuhanbatu Mahini Rizal mengakui bahwa Ir Julius, panitia lelang proyek Kimprasda 2007,diperiksa di Reskrim Polres Labuhanbatu pada Senin (10/11), Seusai Sidang Paripurna Pengesahan Nota Penghitungan APBD 2007,Mahini mengatakan, surat panggilan polisi dia terima pada Jumat (7/11) sore.

Setelah menerima surat itu,dia memberikan surat izin kepada Julius untuk memenuhi panggilan polisi terkait kasus dugaan fee proyek 2007. “Saya tidak dipanggil, tapi suratnya datang ke saya.Di surat itu disebutkan untuk menghadirkan panitia lelang proyek tahun 2007, Ir Julius. Dia (Julius) telah saya tugaskan untuk menghadirinya Senin kemarin di kantor polisi,”ujar Mahini.

Kepala Dinas kesehatan dr Nazmil Fuad Harahap mengaku belum mendapatkan panggilan kepolisian untuk diperiksa sebagai saksi dalam kasus proyek itu. “Belum ada panggilan,”ucapnya kala itu. Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Proyek Dinas Kesehatan 2007 saat itu juga mengatakan belum mendapatkan surat panggilan polisi. Demikian juga dengan panitia lelang tahun 2007 Dinas Kesehatan, Damris, belum mendapat panggilan.

“Sampai sekarang belum ada panggilan kepada saya selaku PPK maupun Damris selaku panitia proyek 2007,”ujarnya. Nazmil Fuad menerangkan, pada 2007 Freddy Simangunsong memiliki dua paket proyek atas nama CV Uli.Dia mengaku lupa jenis proyek dan jumlah nominalnya.

“Proyeknya ada dua paket. Saya lupa besaran nilai proyeknya. Kalau komisi, nggak benar itu,”tandasnya. Beberapa waktu lalu, Freddy melaporkan masalah ini ke Kepolisian Resor (Polres) Labuhanbatu.Dugaan fee proyek ini merupakan paket proyek Rp24 miliar yang diterimanya di tiga dinas, yakni Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, dan Dinas Kimprasda.

Saat itu Freddy dikenakan kewajiban membayar komisi sebesar Rp1,8 miliar yang diduga mengalir kepada petinggi Pemkab Labuhanbatu. Dari jumlah itu, dia baru membayar Rp700 juta dalam dua kali pembayaran melalui dua Ipar Bupati Labuhanbatu, yakni Jefri Zamril dan Ricky.

Sementara sisanya,Rp 1,1 miliar, belum dapat dilunasi dengan alasan dana belum terkutip dari subkontraktor yang berada di bawahnya. (sartana nasution)

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: