Ketua KUD Sei Berombang Divonis 1 Tahun Penjara

Terbukti melakukan tindak pidana korupsi dana bantuan lunak subsidi BBM senilai Rp 100 juta pada anggaran 2001-2002, Abdul Wahab Daulay (66) divonis 1 tahun penjara di Pengadilan Negeri (PN) Rantauprapat, Senin (24/11).

Dalam amar putusannya, majelis hakim yang dipimpin Irwan Munir SH MH, menyatakan, Ketua KUD Mina Sei Berombang Kecamatan Panai Hilir, Labuhanbatu itu melanggar Pasal 3 jo Pasal 18 UU No 31 tahun 1999 sebagaimana telah diubah dan ditambah dengan UU No 20 tahun 2001 tentang perubahan atas UU No 31 tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

Atas perbuatannya tersebut, terpidana dihukum 1 tahun penjara, dan denda sebesar Rp 50 juta subsider 6 bulan kurungan, serta membayar uang pengganti perkara sebesar Rp 96 juta, subsider 1 tahun penjara.
Sebelumnya, Jaksa Parada Situmorang SH mengajukan 1,5 tahun penjara berikut denda Rp 50 juta, subsider 6 bulan kurungan serta membayar uang pengganti Rp 96 juta, subsider 1 tahun kurungan terhadap warga Jalan Ahmad Yani, Sei Berombang ini.
Sekadar informasi, kasus ini berawal ketika KUD Sei Berombang terpilih sebagai salah satu dari 12 koperasi/UKM mendapat bantuan dana bergulir dari Kementerian Koperasi dan UKM, masing-masing sebesar Rp 100 juta pada tahun 2001.

Namun, penyaluran dan pengembalian bantuan lunak itu tidak dapat dipertanggungjawabkan terdakwa, sedang bantuan harus dikembalikan ke negara dengan cara mengangsur. Padahal, Menteri Koperasi dan UKM telah menegaskan, bantuan lunak itu secara bergulir dengan masa pengembalian 3 tahun berjalan.
Terpidana hanya menyalurkan bantuan kepada 67 anggotanya sebesar Rp 84.800.000 dan ternyata tidak kembali Rp 40 juta. Sejak 2002, terpidana tidak pernah mengembalikan bantuan setelah dipinjam anggotanya.

Bahkan, dalam buku laporan KUD Mina tertanggal 30 April 2002 tercatat saldo sebesar Rp 21.375.000, namun uangnya tidak ada. Ironisnya, uang pengembalian dari anggota dan sisa dana yang belum disalurkan justru digunakan terpidana untuk kepentingan pribadi.(MB)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: